Sabtu, 01 Februari 2014

RANGKUMAN Tik Bab 1-5 kelas 9



BAB 1
INTERNET/INTRANET
A.  PENGERTIAN
1.      INTERNET
     Interconnected Network atau yang lebih popular dengan sebutan Internet yaitu sebuah system komunikasi global yang menghubungkan komputer dan jaringan-jaringan komputer diseluruh dunia.
    Setiap komputer dan jaringan terhubung ke jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan dengan menggunakan unique name yang biasa disebut alamat IP 32 bit. Komputer yang terhubung secara global dengan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket data (packet switching communication protocol),maka rangkaian jaringan computer  yang besar ,dapat dinamakan Internet.
     Internetworking merupakan kumpulan jaringan local area,juga metropolitan area yang umumnya terhubung melalui router-router sehingga membentuk jaringan wide area yang begitu besar.

 
2.      INTRANET
     Intranet merupakan sebuah jaringan internal perusahaa yang dibangun menggunakan teknologi internet (arsitektur berupa aplikasi web dan menggunakan protokol TCP/IP).   A. Komponen pembentuk intranet yaitu :
1.      Aplikasi browser                         
2.      Komputer server
3.      Perangkat jaringan
4.      Protokol TCP/IP
5.      Bahasa Pemrograman
6.      Komputer client
7.      Perangkat bantu (development tool).
  B.  Manfaat intranet
Pemanfaatan intanet dalam suatu organisasi digunakan untuk :
- Human resource personal services
- Material and logistic services,seperti penyediaan ruangan,barang,dsb..
- Information system services dan lain-lain.
 B. SEJARAH INTERNET
    1. Sejarah Internet Dunia
      Sejarah Internet dimulai pada 1969 ketika Department Pertahanan Amerika, U.S.Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah computer sehingga membentuk jaringan organic. Program riset ini dikenal dengan ARPANET.
-  Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain.
-  Pada 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun lalu untuk ARPANET.
- Pada 1973 ,jaringan computer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.
- Pada 26 Maret 1976,Ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and  Radar Establishment di Malvern.
- Pada 1979, Tom Truscott,Jim Ellis, dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET.
- Tahun 1981 Franc4 Telecom menciptakan gebrakan dangan meluncurkan telepon televise pertama ,dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
-  Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protocol atau IP,sementara di Eropa muncul jaringan computer tandingan yang dikenal dengan EUNET.
-  Pada tahun 1984 diperkenalkan system nama domain,yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System.
- Pada tahun 1987 jumlah computer yang tersambung melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
- Pada tahun 1988,Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC (Internet Relay Chat).
- Pada tahun 1990 Tim Berners Lee menemukan program yang disebut www atau World Wide Web.
- Pada tahun 1994 ,situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman,dan untuk pertama kalinya virtual – shopping atau e-retail muncil di Internet.
2. Sejarah Internet Indonesia
       Sejarah Internet Indonesia bermula pada awal tahun 1990-an. Saat itu jaringan Internet di Indonesia lebih dikenal dengan Paguyuban Network. Tulisan-tulisan awal mengenai internet di Indonesia terinspirasi oleh kegiatan amatir radio pada tahun 1986 khususnya di Amatir Radio Club (ARC) ITB. Mereka  mulai mendiskusikan teknik membangun jaringan computer dengan radio menggunakan teknologi radio paket. Robby Soebiakto merupakan pakar amatir radio khususnya dibidang komunikasi data packet switching melalui radio yg disebut radio paket. Teknologi radio paket kemudian diadopsi oleh rekan Robby Soebiakto yang kemudian menjadi tumpuan Paguyuban Net tahun 1992-1994.
                 Pada tahun 1988,melalui surat pribadi,Robby Soebiakto mendorong Onno W. Purbo unetuk mendalami jaringan Internet berbasis protokol TCP/IP. Robby Soebiakto juga menjadi coordinator alamat IP pertama dari AMPR-net. Robby Soebiakto juga merupakan pionir dikalangan pelaku amatir radio Indonesia yang mengaitkan jaringan amatir bulletin Board System (BBS).Komunikasi natara Onno W.Purbo dengan rekannya di Indonesia berlanjut hingga awal 1990-an dengan menggunakan computer PC/XT kompatibel dan walkie talkie 2 meteran,melalui jaringan amatir radio.
        Pada tahun 1992-1993 ,Muhammad Ihsan bersama dengan Ibu Adrianti menjalin kerja sama dengan DLR mencoba mengembangkan jaringan computer menggunakan teknologi paket radio pada band 70 cm dan 2 m.Muhammad Ihsan menjadi motor penggerak di LAPAN,dia mengoprasikan relai penghubung antara ITB Bandung dengan gateway internet yang ada di BPPT. Komputer PC 386 digunakan sebagai gateway packet radio TCP/IP IPTEKNET . Tanggal 7 Juni 1994 Randy Bush melakukan ping ke IPTEKNET dan melaporkan hasilnya kepada rekannya di NSF Amerika Serikat.
        Nama lain yang tidak kalah berjasa adalah pak Putu. Beliau mengembangkan PUSDATA DEPRIN. Di masa awal perkembangan BBS,Pak Putu berjasa mempopulerkan penggunaan e-mail di Jakarta. Reporting System (APRS) yang memungkinkan kita melihat posisi stasiun amatir radio dip eta internet.Berawal dari teiknologi radio paket kecepatan rendah,ITB kemudian memperoleh sambungan 24 jam 14.4 Kbps ke RISTI Telkom. September 1996 merupakan tahun peralihan bagi ITB,karena keterkaitan ITB dengan jaringan penelitian Asia Internet Interconnection Initiatives (AI3). ITB akhirnya menjadi salah satu bagian terpenting dalam jaringan pendidikan Indonesia yang menamakan dirinya AI3 Indonesia.
C. MANFAAT INTERNET   
Secara umum banyak manfaat yang ada di internet ,berikut ini adalah sebagian yang ada di internet :
1. Informasi untuk kehidupan pribadi,kesehatan,rekreasi,hobby,pengembangan pribadi, rohani, dan social.
2. Informasi untuk kehidupan professional/pekerjaan, sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, berbagai forum komunikasi.
D. DOMAIN INTERNET
Sebagian besar mesin/ computer server di internet akan dikenali dengan menggunakan nama domain.Di Dunia internet terdapat beberapa Top Level Domain yang sifatnya global,ada beberapa yang sangat umu digunakan yaitu :
.com - untuk lembaga komersial
.org – untuk organisasi biasanya tidak komersial
.gov – untuk pemerintah Amerika Serikat
  .edu – untuk universitas
RANGKUMAN
BAB 2
JARINGAN INTERNET/INTRANET
A. PENGERTIAN
       Jaringan computer adalah “interkoneksi” antara dua computer autonomous atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless).
       Autonomous adalah jika computer tidak melakukan control terhadap computer lain dengan akses penuh,sehingga dapat membuat computer lain,restart,shut down,kehilangan file  atau kerusakan system.
       Jaringan internet adalah jaringan computer yang bisa dikategorikan sebagai WAN, menghubungkan berjuta computer di seluruh dunia, tanpa batas Negara, dimana setiap orang yang memiliki computer dapat bergabung ke dalam jaringan ini hanya dengan melakukan koneksi ke penyedia layanan internet .
B. SEJARAH JARINGAN KOMPUTER  
        Konsep jaringan computer yang lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan computer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvars University yang dipimpin profesoR H. Aiken.
         Di tahun 1950-an ketika jenis computer mulai membesar sampai terciptanya super computer,maka sebuah computer mesti melayani beberapa terminal. Untuk itu,ditemukan konsep distribusi berdasarkan waktu yang dikenal dengan TSS (Time Sharing System).
         Memasuki tahun 1970-an,mulailah digunakan konsep proses distribusi ( Distributed Processing) Dalam proses ini beberapa host computer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara parallel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri di setiap host. Selanjutnya ketika harga computer kecil mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang,mulailah berkembang teknologi jaringan local yang dikenal dengan LAN. Demikian pula,ketika internet diperkenalkan,maka sebagian besar LAN mulai berhubung dan membentuk jaringan raksasa WAN.
C. JENIS – JENIS JARINGAN
1. Local Area Network (LAN)
        LAN adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relative kecil. Biasanya jarak antar node tidak lebih jauh dari 200 m.
2. Metropolitan Area Network (MAN)
        MAN biasanya meliputi daerah  yang lebih besar dari LAN. Dalam hal ini jaringan menghubungkan  beberapa buah jaringan kecil kedalam lingkungan area yang lebih besar.
3. Wide Area Network ( WAN)
        WAN adalah jaringan yang biasanya sudah menggunakan media wireless, sarana satelit atau kabel serat optic, karena jangkauannya yang lebih luas,bukan hanya meliputi satu kota atau antarkota dalam suatu wilayah,tetapi mulai menjangkau area atau wilayah otoritas negara lain.
4. Internet
       Internet yaitu kumpulan jaringan yang terkoneksi
5. Jaringan Tanpa Kabel
        Jaringan tanpa kabel merupkan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel.
D. TIPE – TIPE JARINGAN
1. Jaringan Berbasis Server ( Client – Server )
Jaringan berbasis server ( client – server) merupakan server didalam sebuh jaringan yang menyediakan mekanisme pengamanan dan pengelolaan jaringan tersebut.
2. Jaringan Peer-to-Peer
Setiap computer di dalam jaringan peer mempunyai fungsi yang sama dan dapat berkomunikasi dengan computer lain yang telah member izin. Jadi,secara sederhana setiap computer pada jaringan peer berfungsi sebagai client dan server sekaligus.
3. Jaringan Hybrid
Jaringan hybrid memiliki semua tipe yang terdapat pada tiga tipe jaringan atas. Ini berarti pengguna dalam jaringan dapat mengakses sumber daya yang dishare oleh jaringan peer, sedangkan di waktu bersamaan juga dapat memanfaatkan sumber daya yang disediakan oleh server.
E. MANFAAT JARINGAN KOMPUTER
Manfaat jaringan computer bagi user dapat dikelompokan menjadi 2,yaitu : untuk kebutuhan perusahaan, dan jaringan untuk umum. Adapun manfaat jaraingan computer untuk umum adalah sebagai berikut : Jaringan computer memberikan layanan yang berbeda kepada pengguna di rumah-rumah dibandingkan dengan layanan yang diberikan pada perusahaan.
F. TOPOLOGI JARINGAN
Topologi jaringan yaitu gambaran perencanaan hubungan antarkomputer dalam Local Area Network, yang umumnya menggunkan kabel,dengan konektor,Ethernet card, dan perangkat pendukung lainnya.
Ada beberapa jenis topologi yang sering terdapat pada hubungan computer pada jaringan local area yaitu :
1. Topologi Bus   
Topologi ini merupakan bentangan satu kabel yang kedua ujungnya ditutup,dimana sepanjang kabel terdapat node-node. Signal dalam kabel dengan topologiini dilewati satu arah sehingga memungkinkan sebuah collision.
2. Topologi Ring
Topologi ini mempunyai karakteristik yaitu jaringan yang berupa lingkaran tertutup yang berisi node-node. Signal mengalir dalam dua arah sehingga dapat menghindarkan terjadinya collision.
3. Topologi Star
Karakteristik dari topologi jaringan ini adalah node(station) berkomunikasi langsung dengan station lain melalui central node dan diteruskan ke node tujuan.
4. Topologi Tree/Hierarchical
Tidak semua stasiun mempunyai kedudukan yang sama. Stasiun yang kedudukannya lebih tinggi menguasai stasiun dibawahnya, sehingga jaringan sangat bergantung dengan stasiun yang kedudukanya lebih tinggi dan kedudukan stasiun yang sama disebut peer topology.
5. Topologi Mesh dan Full Connected
Topologi jaringan ini menerapkan hubungan antarsentral secara penuh.
6. Topologi Hybrid
Topologi ini merupakan topologi gabungan dari beberapa topologi yang ada, yang bisa memadukan kinerja dari beberapa topologi yang berbeda, baik berbeda system maupun berbeda media transmisinya.
 
RANGKUMAN
BAB 3
UKURAN KECEPATAN
AKSES INTERNET
 A. Bit Sebagai Satuan Ukuran Kecepatan Akses Internet
     Koneksi internet mempunyai kecepatan yang disebut dangan bandwith. Bandwidth lebih ditujukan untuk menunjukan berapa banyak data atau paket yang bia disalurkan tiap detiknya oleh jaringan internet yang kita gunakan. Besar bandwidth dinyatakan dalam satuan bit, kilobit, megabit, gigabit, dan terrabit. Bandwidth yang ditawarkan oleh ISP terbagi menjadi dua macam yaitu dial-up dan broadband.
1. Integritas dan Kualitas
Periksalah apakah ada gangguan dikoneksimu dengan tool – tool ini :
a. Web Integrity Cheker : mendeteksi apakah ISP-mu menyisipkan iklan kedalam halaman web.
b. Line Quality Testing : Memeriksa packet loss di koneksimu,plus masalah router.
c. Network Diagnostic Tester : Uji koneksi jaringan.
d. Smokeping : Memonitor alamat IP untuk mendeteksi packet loss atau latency yang berlebih .
e. Pingplotter : Melihat ada atau tidaknya gangguan keamanan dan performa pada koneksi.
f. Pcapdiff : Membandingkan paket yang diterima untuk mendeteksi apakah ada paket palsu atau dibuang .
g. Wireshark ; Melihat packet yang diterima PC dan memastikan kita tidak menjadi korban spoofing.
2. Pembatasan atau Throttling
         Bandwidth throttling , pembatasan bandwidth adalah teknik jaringan yng digunakan dalam jaringan komunikasi untuk mengatur lalulintas jaringan dan mengurangi kemacetan . Setting bertujuan menentukan jumlah maksimum dari kapasitas total jaringan yang diperbolehklan untuk digunakan.
3. Kecepatan Internet
Internet mempunyai kecepatan. Kecepatan ini lebih ditujukan untuk menunjukan berapa cepat jaringan internet yang kita gunakan mengirimkan data. Data dalam computer biasanya disimpan dalam bentuk satuan bit . Beberapa notasi yang sering digunakan :
1.000 bit/detik = 1 kilo bps = 1 Kbps
1.000.000 bit/detik = 1 mega bps = 1 Mbps
100.000.000 bit/detik = 1 giga bps = 1 Gbps
Notasi lain yang sering digunakan untu7k mengukuer kecepatan transfer data ditulis dalam jumlah byte per detik atau byteper second.
1 Byte = 8 bit
B. Faktor – faktor yang Memengaruhi Kecepatan Internet
Kecepatan koneksi internet ditentukan oleh factor berikut :
1. Perangkat computer yang kita gunakan .
2. Bandwidth yang kita miliki.
3. Keadaan lalu lintas jaringan.
4. Jarak ke server.
5. Kondisi server itu sendiri.
6. Kondisi sinyal yang didapat (jika menggunakan akses nikabel)
7. Ukuran data yang didownload.
C. Situs untuk Pengujian Kecepatan Internet
       Untuk mengatur kecepatan bandwidth kita bisa menggunakan suatu program yang dinamakan situs pengujian kecepatan internet. Berikut beberapa situs untuk menguji kecepatan internet.
1. Bandwidth test Indonesia :
- http ://portal.telkomspeedy.com/divre5/bandwidthmeter/meter.php
2. Bandwidth test luar Indonesia
 RANGKUMAN
BAB 4
PERANGKAT KERAS UNTUK
MENGAKSES INTERNET/INTRANET
A. Gambaran Umum Sambungan Internet
        Ada dua cara yang digunakan untuk terhubung ke internet yaitu menggunakan media kabel dan tanpa menggunakan media kabel . Dalam konfigurasi sebuah sambungan ke internet terdpat beberapa unsur penting yaitu :
-          Komputer
-          Internet,biasanya melalui sebuah Internet service provider.
-          Modem
Masing-masing modaem mempunyai karakteristik yang berbeda yaitu :
-          Menggunakan modem dial-up dan sambungan melalui kabel telepon
-          Menggunakan handphone.
-          Menggunakan wireless.
B. Alat-Alat dalam Jaringan Internet
1. Network Interface Card
2. PCMCIA Network Interface Card
PCMCIA card adlah card jaringan yang digunakan kedalam sebuah jaringan tanpa kabel.
3. Modem
Modem adalah singkatan dari modulator-demulator. Modem mengkonversikan sinyal data “1” dan “0” menjadi sinyal data yang dapat disalurkan melalui saluran komunikasi.
4. HUB/Switch
HUB atau Switch digunakan untuk menghubungkan setiap node dalam jaringan LAN. Peralatan ini sering digunakan pada topologi star dan extended star.
5. Bridge
Bridge berfungsi menghubungkan dua jaringan yang memilik segmen yang sama, menghubungkan dan menggabungkan media jaringan yang tidak sama. Bridge hadir dalam 3 tipe dasar, yaitu local,remote,dan wireless.
6. Router
Route berfungsi mengubungkan dua jaringan yang memilik segmen yang berbeda.
7. Repeater
Repeater berfungsi memperkuat sinyal dari sebuah segmen jaringan ke segmen jaringan lainnya,repeater bermanfaat mengatasi keterbatasan panjang kabel .
8. Crimping Tools
Crimping tools berguna untuk memotong ,merapikan dan mengunci kabel UTP dalam melakukan instalasi Networking. 
BAB 5
TEKNIK MENGAKSES INTERNET
A. Public Line (Jalur Umum)
1. Dial-up melalui jalur PSTN adalah client terhubung ke ISP melalui jaringan telepon regular.
2. Dial-up dengan teknologi GPRS dan CDMA merupakan ponsel yang berfungsi sebagai modem yang terhubung ke computer melalui kabel data ponsel.
3. DSL (Digital Subscriber Line) merupakan sebuah metode transfer data melalui saluran telepon regular.
4. PLC (PowerLine Communication) ,merupakan koneksi PC dengan internet menggunakan jalur listrik PLN yang bertindak sebagai ISP dengan bantuan modem.
5.ADSL (Asynchronous Digital Subcriber Line ) denagn modem dan router merupakan sebuah tipe DSL dimana upstream dan downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda.
6. ISDN (Integrated Services Digital Network) merupakan jalan untuk melayani transfer data dengan kecepatan lebih tinggi melaluisaluran telepon regular.
B. Dedicated Line (Jalur Khusus Internet)
1. Leased line,yaitu saluran koneksi telepon permanen antara dua titik yang disediakan oleh perusahaan telekomunikasi public.
2. Terestrial yaitu jalur khusus internet yang menggunakan media kabel atau nirkabel sebagai aksesnya.
3. Frame Relay yaitu layanan data paket yang memungkinkan beberapa user menggunakan satu jalur transmisi pada waktu yang bersamaan.
4. Fixed Wireless yaitu koneksi perangkat mobile ke accsesspoint atau koneksi jaringan lokalke ISP.
5. VSAT (Very Small Aperture Terminal)
6. MPLS (Multiprotocol Label Switching) yaitu jaringan pita lebar yang berbasis IP.
C. Pengguna Internet di Tempat Umum
Internet banyak digunakan di tempat umum. Pengguna hanya perlu menyewa penggunaan computer,atau membawa laptop dan PDA, yang mempunyai teknologi WiFi untuk mendapatkan akses internet ,koneksi diberikan secara free atau dengan membeli voucher.
D. Cara-Cara Memperoleh Sambungan Internet/Intranet
1. Cara koneksi melalui Dial-up
2. Koneksi Internet dengan modem handphone
3. Koneksi internet melalui broadband.

Tidak ada komentar: