Rabu, 19 November 2014

tips bermain harvest moon a wonderful life special edition



Hai pecinta harvest moon, kamu tentu sudah pernah memainkan game yang satu ini. Kelihatannya saja permainan ini gampang, tapi jangan anggap remeh !!!! Banyak sekali rahasia-rahasia dalam permainan harvest moon ini.

 

1.      TANAH PERTANIANMU

Sebelum mengenal fasilitas di luar tanah pertanianmu ada baiknya kamu mengenali dulu tanah pertanianmu sendiri karena banyak bangunan yang harus kamu mengerti kegunaannya.
1.Rumah/Home
Rumah kecil tempat tinggalmu. Kamu bisa membawa anjing ke dalam rumah ataupun meninggalkannya di kandang. Selain itu bisa menonton TV, membaca beberapa petunjuk permainan, save game di buku hijau dan terutama tidur untuk memulihkan tenaga. Selain itu bisa melihat Kalender untuk mengetahui hari-hari penting, terutama juga melihat Diary untuk mengetahui status hewan ternak dan lainnya. Selain itu ada pemutar musik yang bisa kamu ganti lagunya jika memiliki piringan hitam lainnya.
2.Food Storage/Gudang Penyimpan Makanan
Letaknya tepat di seberang kandang anjing. Bangunan ini cukup tinggi tapi tidak terlalu besar. Takakura sering berada di sini pada pagi hari untuk melihat barang yang hendak kamu jual. Ada beberapa tempat barang yaitu:
  • Box biru bertuliskan FARM
  • Simbol : box biru
  • Kegunaan : Memindahkan 5 barang di Rucksack untuk disimpan di Dairy Shipping Bin seperti Milk (susu), Eggs (telur), Crops (hasil panen), maupun  Crop Seeds (bibit).
  • Kotak berwarna coklat samping kiri box biru
  • Simbol : Buku G Biru
  • Kegunaan : Order Form yaitu mengisi formulir untuk pemesanan barang-barang yang kamu butuhkan ataupun menjual barang. Selain itu membuka  Order Form ini juga mendapatkan catatan dari Takakura mengenai penjualan sebelumnya untuk menambah uang.
Berikut barang-barang yang bisa dipesan yaitu :
Bagian Order Animal or Miracle Potion
Bisa memesan Cow (sapi), Sheep (domba), Chicken (ayam), Miracle Potion. Untuk ternak bisa dalam beberapa kategori, misalkan untuk Cow juga dijual Bull (Banteng).
Bagian Order Extension
Jika hendak memperluas sesuatu selain rumah dan Kandang Ternak yang otomatis kamu dapatkan seiring Chapter yang kamu mainkan, maka bisa memesannya di sini.
Bagian Sell an animal
Menjual hewan ternak yang tidak kamu butuhkan.
  • Keranjang di sebelah kanan box biru
  • Simbol : Keranjang anyaman
  • Kegunaan : Crop Shipping Bin yaitu menyimpan maksimum 51 hasil panen dan lainnya yang hendak dijual.
  • Freezer/Lemari Es
  • Lemari berwarna biru di ujung ruangan.
  • Kegunaan : Menyimpan tanaman liar maupun hasil panen yang hendak kamu simpan untuk keperluan memasak maupun lain-lainnya.
3.Tool Shed/Tempat Peralatan
Gudang peralatan yaitu bangunan kecil seberang Food Storage. Awalnya tersedia Watering Can S, Heavy Sickle, Heavy Hoe saat memeriksa dinding kiri. Di sini juga ada Calf Hutch (tenda bayi sapi) dan Isolation Fence (pagar untuk sapi hamil). Ada Shelf/lemari kecil di ujung kanan ruangan untuk menyimpan total 108 buah benda seperti awalnya yaitu Tomato Seed (bibit tomat) dan Quiet Winter (piringan hitam). Selain itu ada Trash/tong sampah untuk membuang item yang tidak kamu perlukan, cukup tekan X saja. Jika kamu telah membeli Seed Maker maka akan ditempatkan dalam ruangan ini.
4.Barn/kandang Ternak Besar
Awalnya kamu sudah mendapatkan satu ekor sapi jadi rawatlah dengan baik. Ada Fodder Dispenser untuk mengambil Fodder ataupun Good Fodder dengan menekan tombol X. Letakkan Fodder pada feed box. Untuk memasukkan hewan ternak maka bisa menekan tombol merah dekat pintu. Untuk melihat kondisi hewan ternak periksa papan tulis bergambar binatang agar bisa mengetahui kondisi hewan ternak dalam Barn ini. Untuk mengeluarkan hewan ternak ke padang rumput cukup tekan tombol merah pada pintu belakang Barn di sisi luar. Ada tempat sampah pada dinding kandang yang sejajar tempat mengambil fodder, awalnya untuk membuang sampah tapi jika telah memiliki mesin pembuat pupuk bisa untuk membuat pupuk dari barang yang tidak berguna. Selain itu jika kamu telah membeli Milking Room (ruang pemerah susu) cukup dorong ternak ke pintu ruangan ini yang terdapat dalam Barn agar susu diperah secara otomatis.
5.Takakura’s House/Rumah Takakura
Gubuk kecil dekat Food Storage ini merupakan rumah Takakura. Kamu bisa memasukinya untuk melihat kamar ini, jika malam hari barulah Takakura berada di dalam gubuk ini. Setelah Takakura memiliki tanaman Tartan maka kamu akan sering berkunjung ke rumah ini untuk membuat bibit generasi ke-2 dan ke-3.
6.Padang Rumput
Terletak di belakang Barn, berguna untuk menaruh hewan ternak seperti sapi di luar jika hari cerah. Cukup tekan tombol merah pada pintu belakang Barn untuk mengeluarkan hewan ternak dari Barn ke padang rumput. Ada bak air untuk memandikan hewan ternak jika kamu mempunyai Brush/Sikat. Jika kamu telah memesan Pond/Kolam maka akan dibangun di padang rumput ini. Selain itu jika anak sapi lahir akan dimasukkan di dalam tenda di salah satu sudut halaman rumput ini. Berilah pupuk pada rumput ini jika kamu sering memotongnya untuk pakan ternak/fodder.
7.Chicken Coop/Kandang Ayam
Kandang kecil samping ladang yang berfungsi untuk memelihara ayam. Di dalam kandang ini ada Bird Feed Holder berupa tempat makan persegi tempat ayam berkumpul untuk makan. Juga ada Incubator untuk menetaskan Fertilizer Egg dan tempat minum untuk burung/ayam.
8.Ladang/Land & Well/Sumur Pompa
Ada 2 ladang yaitu satu petak ladang samping rumah dan satu petak ladang samping Chicken Coop. Pacullah ladang ini dan tanam bibit yang kamu punyai serta menyiramnya. Untuk mengambil air bisa menggunakan Watering Can dan ambil air di Well. Nantinya akan ada ladang ke-3 yang sangat subur pada lahan yang awalnya ditumbuhi pohon liar.


2.      TERNAK

1.Cows/Sapi
Sapi akan memakan Fodder yang bisa kamu taruh pada Feedbox yang tersedia di Barn. Jika lewat tengah hari, Fodder ini belum dimakan juga maka kamu harus menyuapi sapi ini. Kamu juga bisa membuat Fodder dengan memotong rumput, dan ambillah Fodder dari Barn’s dispenser. Jika cuaca bagus maka bawalah sapi keluar kandang untuk mengurangi stress dan menjaganya tetap sehat. Untuk mengeluarkan Sapi dari kandang cukup tekan tombol merah di pintu belakang luar kandang menuju padang rumput tapi kamu juga bisa mendorongnya ke arah pintu, ingat jangan bawa keluar sapi saat hari hujan. Kamu tidak perlu meletakkan Fodder lagi pada Feedbox jika sapi telah dibawa keluar.. Jangan sampai sapi stress atau lapar karena membuatnya sakit. Jika sapimu sakit maka gunakanlah Animal Medicine untuk menyembuhkannya, jika kamu abaikan maka sapimu akan mati. Untuk menjaga sapi tetap sehat maka selalu bicara dengannya dan sikat setiap hari, jangan sesekali membangunkan sapi yang sedang tidur karena membuat hatinya tidak senang. Untuk sapi yang sakitnya tidak terlalu parah cukup berikan satu Animal Medicine sehari tapi jika tidak mempunyai efek apa-apa berikanlah lebih dari satu Animal Medicine sehari. Kamu harus memberi makan sapi dengan menyodorkan fodder dari tangan saat ia sakit atau tidak mau memakan fodder dari tempatnya hingga ia sembuh dan mau memakan fodder langsung dari tempatnya.
Jika kamu mempunyai sapi dewasa dan memberikannya Miracle Potion maka sapi akan hamil selama 18 hari. Setelah kehamilan berumur 15 hari maka sapi akan dikarantina pada pagar besi di kandang selama 3 hari, setelah itu Calf (bayi sapi) akan lahir. Anak sapi ini otomatis ditempatkan dalam tenda di padang rumput selama 9-10 hari
Seekor sapi betina dapat diperah susunya terus menerus selama 40 hari (satu tahun). Gunakan Cow Milker untuk memerah susu tapi hanya sapi yang sehat dan bahagia yang bisa diperah susunya. Asyiknya kamu bisa memerah susu beberapa kali dalam satu hari, makin bahagia sapi betina yang kamu pelihara maka makin banyak susu yang dihasilkan. Buatlah sapimu bahagia hingga bisa diperah susu kualitas S yang merupakan kualitas terbaik. Sapi betina yang sakit tidak akan menghasilkan susu, demikian juga dengan sapi yang sedang hamil maka selama kehamilannya tidak akan menghasilkan susu. Setelah melahirkan pun susunya harus kamu berikan pada anak sapi jadi tidak bisa dijual. Selain sapi betina yang awalnya kamu dapatkan maka jika kamu membeli sapi betina baru maka sapi betina baru ini tidak akan menghasilkan susu hingga kamu kawinkan dengan sapi jantan. Setelah melahirkan barulah sapi betina ini akan menghasilkan susu jadi segera kawinkan dengan sapi jantan milikmu (gratis) ataupun dengan sapi jantan dari kota (bayar). Untuk mengawinkan sapi ini pergilah ke Food Storage dan pilih bagian Order Miracle Potion. Keesokan harinya atau mungkin 2 hari kemudian, Takakura akan memanggilmu ke Barn untuk melihat caranya mengawinkan sapi walaupun kemudian kamu disuruh keluar.ToT.
Kamu bisa menyayangi sapi dengan 3 cara yaitu:
  • Berbicara (Talk) terhadapnya dengan berdiri menghadap ke belakang sapi (tekan tombol X)
  • Menyayanginya (tanda Love) dengan berdiri berhadapan dengan muka sapi (tekan SEGITIGA) maka kamu akan mengelus-elus sapi ini
  • Menyikatnya (tekan X untuk Brush) saat berdiri di samping sapi tapi harus memegang sikat. Selain itu bisa memandikannya (Wash) jika berada dekat bak air di padang rumput (tekan SEGITIGA) saat memegang sikat.
  • Membelikan sapi jantan untuk sapi betina maka hatinya akan senang sekali apalagi jika kamu mengawinkannya.
Tapi ingat jangan berbicara, menyayangi, ataupun menyikat sapi yang sedang tidur karena ia tidak akan senang (tanda benang kusut hitam).
Jika kamu sampai kehabisan rumput maka jangan membabat rumput di padang rumput karena sia-sia saja, rumput ini harus dipupuk dulu biar subur barulah setelah beberapa hari rumput saat rumput tumbuh hijau sekali maka rumput tersebut dapat dipotong untuk otomatis berada di Barn’s dispenser. Segera beli Good Fodder pada Takakura walaupun cukup mahal tapi itulah jalan satu-satunya jadi untuk mencegahnya segera beri pupuk pada rumput di belakang Barn.
Ada beberapa jenis sapi yaitu Normal Cows, Star Cows, Brown Cows, dan Marble Cows yang masing-masing menghasilkan susu yang berbeda.
Ini adalah tips cara mendapatkan Grade S milk tanpa menggunakan Good Fodder (Sumpah, ini bukan rekayasa atau tipuan, karena saya juga mendapatkan grade S milk tanpa memberinya Good Fodder satu kalipun). Caranya sebagai berikut:
  1. Berilah sapi anda makanan dua kali sehari. Sekali lagi, kalau anda tidak punya, biarkan sapi anda di ladang
  2. Sikat dia 2 kali sehari dan cuci dia sekali-kali (mungkin 2 hari sekali)
  3. Bicara ke dia, dan sayangi dia 2 kali sehari
  4. Tunggu 2-3 hari jika anda melakukan cara diatas, maka "grade" susu anda akan naik dari misalnya C ke B, atau dari B ke A.
  5. Lakukan cara ke 1-3 sampai Grade susu sapi anda A
  6. Tetap lakukan cara ke 1-3 setiap hari. Lalu, setelah 3-4 hari, maka "Grade" susu anda akan naik dari Grade A ke Grade S!!! Selamat mencoba....
TIPS:
Ingat, untuk mendapatkan Grade S, kesehatan sapi anda haruslah penuh. Jika tidak, anda tidak bisa mendapatkan Grade S pada susu sapi perahan anda. Anda bisa mengecek kesehatan sapi anda di buku harian, kemudian pilih Assets. Dan jangan lupa, untuk mendapatkan susu sapi anda Grade S, kulit sapi anda harus bersih (untuk membersihkannya anda bisa memencet tombol segitiga (wash) ke sapi anda di dekat pancuran air di sebelah pojok kiri pasture).


2.Sheep/Domba
Sama halnya dengan sapi, domba juga memakan Fodder dengan menaruhnya di Feedbox. Kamu juga harus menyuapi domba jika ia tidak menyentuh makanannya setelah lewat setengah hari. Domba juga bisa dibawa keluar dan harus diperhatikan kesehatannya.
Gunakan Wool Shears untuk mendapatkan Wool dari domba, jika kamu mencukur bulu domba maka perlu 10 hari untuk bulunya tumbuh kembali. Kualitas Wool ditentukan oleh kondisi domba, semakin sehat domba maka semakin baik kualitas Wool yang dihasilkan. Agar domba bahagia maka perlu disikat setiap hari dan diberi makan maka domba nantinya bisa menghasikan Wol emas (Gold Wool).
Untuk domba kamu harus membelinya dengan memesan pada Takakura untuk membelikan domba ini di kota. Domba yang bisa kamu dapatkan hanyalah domba jantan. Domba ditempatkan dalam Barn sekandang dengan Sapi.. Jika kamu menjual Domba ini maka cuma dihargai 750G
Anda ingin domba anda bisa menghasilkan Golden Wool?? Lihat saja cara-cara ini:
  1. Beri makan domba anda 1 kali sehari. Atau kalau anda miskin (;p), anda bisa mengeluarkan domba anda ke ladang.
  2. Bicaralah ke dia, dan Sayangi dia 2 kali sehari
  3. Sikat dia 2 kali sehari dan sekali-kali cuci bulunya. (anda bisa melakukannya dengan menekan segitiga ke domba anda dengan memegang sikat didekat air pancuran di pojok kiri utara)
  4. Tunggu domba anda sampai dia siap untuk dicukur
  5. Cukur dia, maka anda bisammendapatkan GOLDEN WOOL!!!
TIPS:
Anda tidak memerlukan hati domba anda penuh untuk mendapatkan GOLDEN WOOL...


3.Chicken / ayam

Sama dengan halnya domba dan sapi, ayam juga akan memakan bird feed pada tempat yang tersedia. Erami telur fertilized pada incubator agar mendapatkan anak ayam. Untuk mendapatkan telur tersebut dipelukan sebuah ayam betina dan ayam jantan. Jika yang menetas ayam jantan, lebih baik jual sampai ia dewasa. Tetapi jika ayam betina, sebaiknya terus pelihara karna bisa menghasilkan telur. Ada sebuah telur special yang disebut telur golden egg. Untuk mendapatkan golden egg tidaklah sulit, tetapi harus rutinitas setiap hari. Caranya sebagai berikut: (ingat ini berlaku untuk yang betina)
  1. Selalu beri makan ayam anda dan berilah animal medicine jika ayam anda sakit
  2. Tekan X ke ayam tersebut kemudian tekan segitiga, lalu tekan X lagi. Lakukan cara ini 2 kali sehari
  3. Lakukan 2 cara diatas sampai hati ayam betina anda penuh
  4. Maka ketika kamu mengecek telur yang dieraminya, anda akan mendapatkan GOLDEN EGG!!!
4.Anjing
Mungkin ini bukanlah hewan ternak. Anjing didapat saat permulaan permainan HM, kamu bisa memilih salah satunya. Anjing tidak perlu diberi perhatian khusus. Melatih anjing dapat menggunakan tombol X, O, segitiga dan joystick kiri yang digoyang-goyangkan.
5.Kuda
Kamu akan mendapatkan kuda dari takakura, dengan membeli sepasang ayam betina dan jantan, dan selalu memesan barang dari takakura. Aka nada 3 jenis kuda yang akan didapat :
1.      Kuda putih : dengan usaha sangat kerja keras
2.      Kuda coklat : dengan usaha kerja keras
3.      Kuda hitam : dengan usaha yang biasa-biasa saja
Kamu tidak usah memberi makan kuda, karna kuda tidak memiliki tingkat kesehatan. Apabila kuda kamu tidak memberikan tanda hati saat kamu sayang, maka kamu harus memberi nya apel setiap hari agar dia menyayangimu lagi.Jika kamu sudah dapat kuda, sebaiknya gunakan selalu kuda tersebut kemanapun kamu pergi, agar dapat menghemat waktu, dan mempercepat perjalanan.Kamu bisa memanggil kudamu dimanapun kamu berada.

3.BERCOCOK TANAM
Bercocok tanam dalam Harvest Moon terbaru ini sangat berbeda dengan Harvest Moon sebelumnya karena banyak hal yang harus kamu perhatikan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Selain itu banyak kriteria yang harus kamu perhatikan agar bisa menghasilkan panen yang bagus. Adapun hal yang perlu diperhatikan yaitu :
1.Pemilihan Ladang
Pada awalnya kamu memiliki 2 Ladang yaitu ladang di samping rumahmu dan ladang lainnya di samping Chicken Coop dekat Sumur Pompa. Ladang di dekat Chicken Coop merupakan ladang yang subur yang baik jika ditanami sayuran maupun umbi-umbian agar cepat tumbuh, sedangkan ladang dekat rumah adalah ladang yang kurang subur. Untuk ladang ini lebih baik ditanami buah-buahan yang pohonnya bisa tumbuh pada musim apa saja sesuai musim pada buah tersebut.. Nantinya jika kamu telah mengurus 2 ladang ini dengan baik maka Takakura akan memberikan ladang ke-3 yang lebih luas dan lebih subur, jadi kamu bebas menanam tanaman apa saja.
2.Pemilihan Bibit
Tidak semua bibit dapat tumbuh pada musim yang sama. Jika bibit yang kamu tanam tidak sesuai musimnya maka bibit tidak akan tumbuh serta mati sehingga merugikanmu. Untuk itu harus diperhatikan jenis bibit yang ditanam tiap musimnya agar bisa dihasilkan panen yang bagus.
3.Pengaturan Penanaman
Berbeda dengan seri Harvest Moon sebelumnya maka pengaturan penanaman sangat penting agar didapatkan hasil panen alias tidak gagal panen akibat pengaturan yang tidak sesuai. Berikut hal yang perlu diperhatikan saat hendak menanam di ladang :
  • Selalu sediakan jarak untuk tiap penanaman bibit yang berbeda agar bibit yang telah tumbuh tidak memakan sari tanah sampai habis sehingga bibit yang belum tumbuh akan mati. Untuk bibit yang sejenis mungkin bisa jika terlalu rapat tapi lebih baik diberi jarak kecuali ingin hasil yang besar.
  • Jangan menanam Sayuran/Umbi terlalu dekat dengan pohon buah karena pohon lebih banyak menyerap sari tanah daripada sayuran sehingga kemungkinannya sayuran tidak tumbuh atau mati juga besar.
  • Jika pohon telah tumbuh besar, jangan menanam sayuran dekat pohon karena bisa terhalang oleh pohon dan juga tidak mendapat cukup sinar matahari untuk tumbuh.
  • Jangan menanam pohon buah terlalu rapat antara yang satu dengan lainnya karena dapat mengganggu pertumbuhan pohon buah ini.
  • Jika sudah ada bibit tanaman yang telah tumbuh maka jangan menanam bibit baru terlalu dekat dengan tanaman ini karena kemungkinan besar bibit tidak bisa tumbuh.
  • Ada baiknya kamu menanam pohon buah dalam satu ladang yang kurang subur dekat rumah karena pohon buah akan tumbuh sepanjang masa walaupun berbuah pada musim tertentu saja. Kalaupun ingin menanam pohon buah di tiap ladang maka usahakan menanam pohon buah di pinggir ladang tentunya juga diberi jarak minimal satu petak.
Untuk jelasnya bisa kamu lihat pada contoh penempatan tata cara penanaman yang baik maupun yang buruk.
4.Bercocok tanam
Setelah merencanakan tata cara penanaman maka mulailah mencangkul tanah untuk menggemburkan tanah. Sebarkan bibit pada tanah yang telah dicang-kul, ingat tanah yang belum dicangkul tidak bisa disebarkan bibit. Setelah menyebarkan bibit maka gunakan Watering Can untuk menyirami bibit, ambil air di Well/sumur pompa. Untuk tanaman sayuran/umbi-umbian ada baiknya kamu menyiraminya 2 kali sehari tiap pagi dan sore/malam agar tanahnya tetap lembab (berwarna gelap). Dengan demikian sayuran akan cepat dipanen karena jika dibiarkan kering atau kurang lembab bisa mengakibatkan per-tumbuhan menjadi lambat bahkan bisa mati. Selain itu kamu harus merencanakan dengan matang pena-naman bibit, jangan menanam bibit di akhir musim apabila bibit ini tidak bisa tumbuh di musim berikutnya (untuk jelasnya lihat bagian pemilihan bibit).
Untuk pohon buah-buahan juga perlu perawatan, kalau bisa berilah pupuk untuk mempercepat pertumbuhannya. Saat pohon buah tumbuh selalu perhatikan kelembaban tanah agar tidak kering sebelum mencapai tinggi maksimal. Jika pohon ini telah tumbuh maksimal (memerlukan waktu kurang lebih 30 hari) maka tidak perlu menyiraminya lagi karena tanah senantiasa lembab.
5.Panen & Penjualan Hasil Panen
Setelah kerja keras tentunya harus membawa hasil bukan??? Untuk sayuran jika terlah berbunga maka akan berbuah beberapa saat kemudian (contohnya melon) sehingga tak lama lagi bisa dipanen. Untuk tanaman umbi-umbian bisa memanen hasilnya yang berada di akarnya. Sayuran tidak bisa dipanen ulang jadi hanya sekali saja kemudian harus menanam bibit baru setelah digemburkan tanahnya.
Untuk pohon buah yang sudah berbuah pada musimnya tunggu terlebih dahulu hingga buah matang tapi ingat latih anjingmu untuk menjaganya dari Murrey si pencuri. Jika buah pada pohon sudah matang maka cukup goncang pohon ini (tanda “Shake” pada tombol X) untuk menjatuhkan buahnya sehingga bisa diambil. Kamu juga bisa menunggu hingga buah matang ini jauh sendiri. Ambil buah yang jatuh (tanda “Pick Up” pada tombol X). Pohon buah senantiasa bisa dipanen ulang pada musim yang sama berikutnya. Tiap pohon menghasilkan kurang lebih 16 buah.
Setelah bisa memanen hasil ladangmu baik sayuran maupun buah-buahan maka kamu bisa menjualnya dengan 3 cara yaitu :
  • Menaruh hasil panen pada keranjang di Food Storage agar Takakura bisa membawanya ke kota untuk menjualnya.
  • Membawa hasil panen dalam Rucksack dan membuka toko kaki lima di halaman kosong depan Inner Inn (Penginapan)
  • Setiap tanggal 3 dan tanggal 8 tiap musimnya bisa membawa hasil panen ke depan Inner Inn tempat Van membuka toko maka kamu bisa menjual hasil panen padanya tentunya dengan menawar harga tertinggi.

4.      SEEDS & HYBRID

Seeds adalah bibit yang bisa kamu beli di pertanian Vesta dengan bicara pada Vesta, Marlin, maupun Celia. Bibit ini merupakan bibit generasi pertama yang bisa kamu buat juga menggunakan Seed Maker yang bisa dibeli pada Takakura. Cukup masukkan sayuran ataupun buah ke dalam Seed Maker kemudian tunggulah beberapa hari hingga bibit ini kering. Bibit yang kamu buat merupakan bibit kualitas paling rendah, jangan menjualnya karena harga jualnya sangat rendah. Tanam saja bibit ini untuk mendapatkan hasil pertanian lagi.
Hybrid adalah usaha yang dilakukan untuk mendapatkan bibit baru hasil persilangan 2 bibit tapi harus tipe yang sama seperti sayuran + sayuran, sayuran + umbi, umbi + umbi, dan buah + buah. Persilangan bibit tidak bisa dilakukan antara sayuran/umbi dengan buah. Untuk menciptakan bibit generasi ke-2 dan ke-3 perlu bantuan pohon kecil di pot yang berada di rumah Takakura. Pohon ini bernama tartan. Tartan akan datang atau lebih tepatnya akan kamu dapatkan pada tahun ke 2.
Klo bulan dan tanggal itu bebas asalkan kamu sudah berteman terlebih dahulu dengan takakura caranya kasih takakura masakan rumah ataupun susu.
Bila sudah kamu pesanlah barang contoh:bird fooder, tools (alat untuk berkebun) dll. Atau bisa juga menjual barang contoh susu, telur, sayuran, dan buah-buahan.
(Smuanya harus di food storage/bangunan yang tinggi di pinggir rmh takakura)
Sebelum pukul 05.00am (subuh) klo sudah kamu masuk ke rumah takakura pukul 09.00pm (malam hari) dan cut scen pun terjadi di dalam rumah takakura.

Cara menghybrid tanaman:
1. kamu masuk ke rumah takakura
2. talk langsung kepada tartan entar tartan memberikan 2 pilihan:

1. I want to analze
2. I want to talk

3. terus kamu pilih talk sebanyak-banyaknya
4. terus tartan akan memberi mu pilihan hybrid
5. sekarang kamu bisa menghybrid 2 benih tanaman yg berbeda.

saya punya masukan kpd anda (bila mau menghybrid benih tanaman kamu harus talk dulu sma tartan sebanyak 3x biar succes menghybrid nya)
1. HYBRID
1. Hybrid Crops

Gretoma --> Tomato + Watermelon (Spring-Fall)
Berrytoma --> Tomato + Strawberry (Spring-Fall)
Melotoma --> Tomato + Melon (Spring-Fall)
Berryber --> Watermelon + Strawberry (Spring-Summer)
Melober --> Watermelon + Melon (Spring-Summer)
Berrylon --> Melon + Strawberry (Fall-Spring)
Radita --> Turnip + Potato (Winter-Summer)
Cady --> Turnip + Carrot (Winter-Summer)
Kandy --> Turnip + Yam (Winter-Summer)
Tataro --> Potato + Carrot (Winter-Summer)
Bashota --> Potato + Yam (Winter-Summer)
Kanro --> Yam + Carrot (Summer-Fall)
Trady --> Turnip + Tomato (Spring-Fall)
Tobatama --> Potato + Tomato (Spring-Fall)
Tomaca --> Carrot + Tomato (Spring-Fall)
Yamato --> Yam + Tomato (Spring-Fall)
Raury --> Turnip + Watermelon (Spring-Summer)
Bashber --> Potato + Watermelon (Spring-Summer)
Cabber --> Carrot + Watermelon (Spring-Summer)
Kashry --> Yam + Watermelon (Spring-Summer)
Dhibe --> Strawberry + Turnip (Fall-Spring)
Paberryta --> Strawberry + Potato (Fall-Spring)
Caberry --> Strawberry + Carrot (Fall-Spring)
Berrican --> Strawberry + Yam (Fall-Spring)
Dhilon --> Turnip + Melon (Summer-Fall)
Potamelo --> Potato + Melon (Summer-Fall)
Camelo --> Carrot + Melon (Summer-Fall)
Sholo --> Yam + Melon (Summer-Fall)


2. Hybrid Trees

Appage --> Banana + Apple
Gehju --> Banana + Grape
Jurum --> Peach + Grape
Lanmuge --> Peach + Orange
Magerum --> Peach + Banana
Magenge --> Orange + Banana
Orahge --> Orange + Gehju
Oraphu --> Orange + Apple
Phuju --> Apple + Grape
Phurum --> Apple + Peach


3. Rare Crop (RC)

RC 01 --> Cabber + Raury (Spring)
Rc 02 --> Gretoma + Berrylon (Spring)
RC 03 --> Tomaca + Melotoma (Summer)
RC 04 --> Bashber + Kashry (Summer)
RC 05 --> Dhilon + Camelo (Fall)
RC 06 --> Cady + Kanro (Spring)
RC 07 --> Kanro + Kandy (Summer)
RC 08 --> Cabber + Kanro (Fall)
RC 09 --> Tobatama + Bashber (Fall)
RC 10 --> Berrylon + Dhibe (Spring)
RC 11 --> Dhibe + Dhilon (Summer)
RC 12 --> Dhilon + Caberry (Fall)
RC 13 --> Cabber + Caberry (Winter)
RC 14 --> Kanro + Radita (Summer)
RC 15 --> Tataro + Cady (Spring)
RC 16 --> Yamato + Kashry (Fall)
RC 17 --> Kandy + Cady (Winter)
RC 18 --> Trady + Berrylon (Spring)
RC 19 --> Cabber + Berrylon (Summer)
RC 20 --> Caberry + Berrylon (Fall)
RC 21 --> Camelo + Berrylon (Winter)
RC 22 --> Radita + Kandy (Spring)
RC 23 --> Raury + Sholo (Summer)
RC 24 --> Raury + Sholo (Summer)

Catatan:
RC 23 hanya bisa dibuat antara 6PM - 6AM.
RC 24 hanya bisa dibuat antara 6AM - 6PM.


4. Rare Tree (RT)

RT 01 --> Jurum + Phuju (Winter)
RT 02 --> Gehju + Lanmuge (Summer)
RT 03 --> Magenge + Oraphu (Winter)
RT 04 --> Magenge + Magerum (Summer)
RT 05 --> Appage + Lanmuge(Fall)
RT 06 --> Appage + Orahge (Fall)
RT 07 --> Magerum + Phuju (Summer)
RT 08 --> Gehju + Orahge (Fall)
RT 09 --> Jurum + Oraphu (Spring)

2. SEEDS
• Sayuran
- strawberry : fall - spring
- tomat. : spring – fall
- semangka. : spring – summer
- melon. : summer – fall
• Umbi-umbian
- wortel. : fall – winter
- kentang. : winter – spring
- ubi. : fall
- lobak. : summer – winter
• Buah-buahan
- persik. : summer
- jeruk. : summer
- anggur. : fall
- pisang. : summer
- apel. : fall
5.      RESEP MAKANAN

1. Salads

Dhibe Salad --> Dhibe + Tomato + Berrytoma (35G)
Egg Salad --> Egg + Tomato + Gretoma (25G)
Fruit Salad --> Tomato + Apple + Orange (40G)
Mellow Salad --> Melotoma + Dhilon + RT 02 (35G)
Melon Salad --> Melon + Tomato + Trady (25G)
Potamelo Salad --> Potamelo + Tomato + Berrytoma (35G)
Rare Salad --> RC 01-09 + Tomato + Dhilon (350G -> 420G)
Red Salad --> Tomato + Trady + Dhibe (35G)
Shiny Salad --> RC 18-21 + Apple + Orange (200G -> 240G)
Tomacarro Salad --> Carrot + Tomato (35G)
Tomamelo Salad --> Melon + Tomato (35G)
Good Pickles --> RC 14 + RC 22 (60G)
Light Pickles --> Turnip (25G)
Pickles 1 --> Trady + Raury (25G)
Pickles 2 --> Cabber (25G)
Marinade --> Mugwort + Tomato/Turnip + Fish (35G)
Red Veggie --> RC 18 + Tomato + Trady (35G)


2. Soups

Earth Soup --> Carrot + Potato (100G)
Good 4 U Soup --> RC 08 + RC 17 + RC 14/23/24 (400G -> 480G)
Good Soup --> Fish + Turnip + Bashota (250G -> 300G)
Potato Soup --> Potato + Hackberry + Mugwort (100G)
Super Soup --> RC 10-13 + RC 18-21 (400G -> 480G)
Tomatoma Soup --> Carrot + Tomato (90G)
Yam Soup --> Yam (110G -> 132G)
Fish Stew --> Potato + Fish + Turnip (250G -> 300G)
Rare Stew --> RC 01 + Milk + RC 02 (400G -> 480G)
Stew --> Potato + Milk + Carrot (200G -> 240G)


3. Entrees

Fried Mushroom --> Matsutake + Turnip + Butter (80G)
Fried Nuts --> RC 03 + Potato + Butter (70G)
Fried Veggie --> Tomato + Carrot + Butter (70G)
Grape Pie --> Grape + Egg + Butter (50G)
Melon Pie --> Melon + Egg + Butter (50G)
Sashmi --> Fish (150G -> 180G)
Sashmi (S) --> Fish + Fish (200G -> 240G)
Mixed Fry --> Fish + Hackberry + RC 4/9 (95G)
Shiny Stir-Fry --> Turnip + RC 18-21 + Butter (450G -> 540G)
Shiny Tempura --> Fish + RC 18-21 (450G -> 540G)
Tempura --> Yam + Hackberry + Mugwort (80G)


4. Desserts

Carrot Cake --> Carrot + Egg + Milk (150G -> 180G)
Dhibe Cake --> Dhibe + Egg + Milk (1675G -> 2010G)
Pound Cake --> Butter + Egg + Milk (175G -> 210G)
Strawberry/Short Cake --> Strawberry + Egg + Milk (190G -> 228G)
Veggie Cake --> Tomato + Egg + Milk (150G -> 180G)
Ice Cream --> Brown Milk + Star Milk (110G -> 132G)
Kashry Sherbet --> Brown Milk + Star Milk + Kashry (150G -> 180G)
Fruit Juice --> Apple + Peach + Milk (50G)
Good Juice --> Tomato + Gretoma + Apple (60G)
Juice DX --> RC 01/06 + Carrot + Orange (400G -> 480G)
Orahge Juice --> Orahge (75G)
Rich Juice --> Star Milk + Banana + Peach (75G)
Veggie Juice --> Tomato/Carrot + Berrylon (50G)
Magenge Jam --> Megenge (45G)
Phurum Jam --> Phurum (40G)
Grilled Yam --> Yam (75G)
Super Yam --> RC 16 (400G -> 480G)
Cocktail --> Phuju + Melotoma (190G -> 228G)
Love Cocktail --> Grape + Watermelon (200G -> 240G)
Sweet Cocktail --> Gehju + Oraphu (200-G -> 240G)
Peach Tart --> Peach + Egg + Butter (125G -> 150G)
Short Tart --> RT 08 + Egg + Butter (125G -> 150G)
Fruit Punch --> 3 fruits (150G -> 180G)
Dancing Dessert --> Apple + RC 10-13 + RT 01-09 (350G -> 420G)
Sweet Potato --> Yam + Egg + Butter (150G -> 180G)


5. Main Dishes

Baked Tataro --> Tataro + Egg + RC 23/24 (125G -> 150G)
Bean Bowl --> RC 07 (150G -> 180G)
Mountain Bowl --> RC 09 + Mugwort + Matsutake (150G -> 180G)
Curry --> Potato + Carrot + Ruby's Spice (200G -> 240G)
Hot Curry --> Carrot + RC 11 + Ruby's Spice (250G -> 300G)
Mushroom Curry --> Potato + Hackberry + Ruby's Spice (200G -> 240G)
Fish Set --> RC 23/24 + Fish (250G -> 300G)
Meuniere Set --> Fish + Butter (250G -> 300G)
Gratin --> Milk + Butter + Cheese (200G -> 240G)
Mushroom Gratin --> Butter + Milk + Matsutake (150G -> 180G)
Mushroom Pasta --> Cady + RC 14 (225G -> 270G)
Veggie Pasta --> RC 04 + Tomato + Mugwort (200G -> 240G)
Mixed Veggies --> Potato/Berrican + Egg + RC 07 (150G -> 180G)
Omelet --> Egg + Butter (200G -> 240G)
Rootbaisse --> Carrot + RC 23/24 (125G -> 150G)


yang memakai tanda kurung adalah hasil jual makanan kepada van, pada tanggal 3dan 8.
1.      PENDUDUK DESA FORGET-ME-NOT-VALLEY

1.Takakura
Takakura adalah teman lama ayahmu. Dia sangat membantu dalam mengurusi hal perkebunan.Dia tinggal di area pertanianmu. Kesukaannya : masakan rumah dan susu.
2.Tim
Ia adalah pemiliki sebuah penginapan yang bernama inner inn. Tim adalah tetangga yang paling dekat dari rumah kita. Penginapannya terletak di dekat bar. Sehari-hari ia bekerja mengolah usaha penginapan dan dulunya ia seorang pengelana dunia. Kesukaannya : ikan, masakan rumah, dan sayur-sayuran.
3.Ruby
Ruby adalah isrinya Tim. Waktunya banyak dihabiskan di dapur. Sebelum jam 2 siang, ia akan berada di pekarangan rumahnya. Kesukaannya: bunga, susu, mentega, permata, dan masakan rumah.
4.Rock
Rock adalah anak dari Tim dan Ruby. Rock sering berulah dan hamper tidak pernah ada dirumahnya. Dia sangat suka sekali pesta, dan sering menghabiskan waktunya mengelilingi lembah. Kesukaanya : Bunga(terutama mist moon).
5.Griffin
Griffin adalah seorang pemilik bar, sekaligus bosnya muffy.Barnya terletak di depan laboratorium dan di depan rumah Galen (1) dan dr.Hardy(2). Dia sering berada di tepi laut dan suka sekali dengan gitarnya. Kesukaannya : Bunga trick blue, koin, telur.
6.Galen
Dia adalah kakek tua dengan pakaian cokelat. Galen merupakan suami dari Nina, dan pada tahun ke 2 dia akan menjadi seorang pemurung karena Nina meninggal.Rumahnya terletak di depan Bar(1) dan di dekat kebun vesta (2). Kesukaannya : Ikan, sayur-sayuran,buah-buahan, dan masakan rumah.
7.Nina
Nina adalah seorang nenek yang sakit-sakitan. Saat tahun ke-2, Nina meninggal dunia dan kuburannya berada di depan rumah Galen setelah Nina meninggal.Kesukaannya : Bunga
8.Dr. Hardy
Dia adalah seorang dokter. Penampilannya agak menyeramkan, tetapi sebenarnya dia adalah sosok orang yang ramah. Datanglah mengunjunginya di rumahnya(bekas rumah galen) untuk menanyakan seputar kesehatan kita. Kesukaannya : ikan, koin, dan fosil.
9.Grant
Grant adalah seorang pekerja kantoran. Dia sangat sibuk sekali,berangkat pagi-pagi, baru pulang malam. Dia akan muncul pada tahun ke 2. Rumahnya terletak diantara rumah Wally dan rumah Dr. Hardy. Kesukaannya : Susu, telur, dan ikan.
10. Samantha
Samantha adalah istri dari Grant. Orang yang sangat ramah. Samantha lebih sering mengunjungi kenalannya di kota, yaitu di villa. Ia sangat tegas terhadap Katie agar anaknya tidak bersifat tomboy. Kesukaannya : Bunga, susu, dan sayuran.
11.Katie
Katie adalah anak dari Grant dan Samantha. Ia sering keluar rumah karena ibunya yang menganggap dia tomboy. Dia juga merasa bosan dengan lingkungan disekitarnya, namun ia mengakui bahwa bermain dengan Hugh menyenangkan bagi dirinya. Kesukannya : Bunga, koin, dan permata.
12.Wally
Wally adalah mantan atlit lari. Dia sangat berambisi agar anaknya mengikuti jejaknya. Dia sangat gampang untuk ditemui. Rumahnya terletak di samping rumah Grant. Kesukaannya : telur, susu, ikan, dan koin.
13.Chris
Chris adalah istri dari Wally. Dia seorang pekerja kantoran. Belum diketahui banyak informasi mengenai Chris L. Keaukaannya : Bunga, susu, dan buah-buahan.
14. Hugh
Hugh adalah anak dari Wally dan Chris. Ia sangat serius dalam menekuni bidang olahraga. Pada awal game, Hugh hanyalah anak kecil. Tapi seiring tahun bertambah, maka Hugh juga akan beranjak dewasa pula. Dia sangat ramah terhadap siapapun, terutama Katie yang sering menggodanya. Kesukaannya : susu, koin, permata, ice cream.
15. Romana
Romana adalah seorang nenek kaya raya yang memiliki villa jauh dari area pertanian kita. Dia dulunya adalah seorang pianis. Romana sangat bertanggung jawab terhadap Lumina. Kesukaannya : Bunga, koin emas, permata, susu, dan buah-buahan.
16. Sebastian
Sebastian adalah seorang pembantu & koki di villa milik Romana. Dia bekerja semenjak Romana kecil, jadi mereka berdua sudah seperti adik-kakak.Sebastian sangat sopan dan ramah terhadap siapa saja. Ia juga suka mewarnai dan menggambar. Kesukaannya : Koin emas, fosil(terutama kuda), dan masakan rumah.
17. Daryl
Daryl adalah seorang ilmuwan. Dia sangat suka meneliti sapi, anak kecil, dan mukumuku. Dia tidak begitu rahmah, dan dia tidak suka berbicara dengan kamu saat dia berada di lab nya.Rumahnya terletak di belakang bar. Kesukaannya : Ikan, telur, keju, koin, tulang.
18. Kassey
Kassey adalah seorang pembuat kembang api. Dia suka tebar pesona terhadap orang lain. Formula rahasia untu membuat kembang api tidak akan pernah dia beritahukan terhadap siapa saja. Kassey naksir berat dengan Muffy. Rumahnya terletak di dekat rumah Cody. Kesukaannya : Bunga, ikan, permata, dan susu.
19. Patrick
Patrick adalah saudara kembarnya kassey yang berprofesi membuat kembang api. Kesukaannya : sama dengan kassey
20. Cody
Cody adalah seorang seniman. Karakternya keras, tetapi dia juga seorang yang pemalu. Dia tinggal di dekat pembuatan kembang api atau di depan danau turtle swamp.Kesukaannya : Bunga, telur, fosil, dan permata.
21. Gustafa
Gustafa adalah seorang pemusik. Dia sangat suka memainkan gitar dan kecapinya. Banyak binatang yang suka mendengar lagunya. Dia juga sering berada di bar. Gustafa sangat suka sama Nami. Rumahnya terletak di dekat pantai atau dibelakang penginapan inner. Kesukaannya : Bunga, koin, patung, permata, dan masakan kari.
22. Vesta
Vesta adalah pemilik perkebunan. Dia adalah bos dari celia. Vesta sangat ramah, tetapi ia sangat pemaksa terutama terhadap adiknya Marlin. Kesukaannya : Bunga, susu, sayuran, buah-buahan, masakan kari (curry dish).
23. Marlin
Marlin adalah adik dari Vesta. Dia tidak begitu ramah. Dia sangat suka sama Celia. Kesukaannya : Sayuran, susu, telur, dan makanan.
24. Carter
Carter adalah seorang arkeolog dan seorang pimpinan situs galian. Dia tinggal di tenda kecil dekat air terjun. Kesukaannya : susu, ikan, buah-buahn, sayuran, dan keju.
25. Flora
Flora adalah asisten dari Carter.Dia tidak tegas dan terlihat suram. Kesukaannya : Ikan, keju, mentega, fosil, dan patung.
26. Mukumuku
Mukumuku adalah makhluk raksasa putih yang muncul saat winter. Dia berada di spring. Kesukaannya : Bunga, ikan ,telur.
27. Murrey
Murrey adalah seorang gembel. Dia sedang berusaha mengumpulkan uang untuk kembali ke kampungnya. Daryl sangat membencinya. Dia kadang kadang mencuri di peternakanmu, jadi berhati-hatilah. Kesukaannya : -
28. Van
Van adalah seorang pedagang. Dia tidak penduduk tetap di forget-me-not-valley. Dia Berdagang di dekat bar. Kesukaannya : -

2.      KARAKTER ISTRI



1.      Celia

Celia adalah asistennya Vesta. Pekerjaannya yaitu menjual bibit.
  • Ciri-Ciri : Berambut coklat dan memakai bandana kain pada kepalanya, berpakaian layaknya penduduk desa dengan pakaian berwarna hijau. Celia adalah gadis yang manis yang sedikit manja serta menyukai alam. Celia paling mudah ditemui dibandingkan gadis lainnya.
  • Tempat Tinggal : Rumah di Vesta’s Farm
  • Pekerjaan : Penjual Bibit Tanaman di Vesta’s Farm
  • Kesukaan : Flowers (Bunga), Sayuran apa saja, Egg, Crystals, Coin yang bersinar seperti Silver Coin, Moon Ores.
  • Diary : Lantai 2 Rumahnya di tempat tidur, naik melalui tangga putar
  • Jadwal : pk 08.00 AM ­ pk 03.00 PM di rumahnya berjualan bibitpk 03.00 PM ­ pk 05.30 PM berada di pekarangan rumah Vesta’s Farm, pk 05.30 PM ­ malam hari berada di dalam rumah.
  • Jadwal saat tanggal 3 & 8 : Pagi hari jam 8.00 AM ­ 12.00 AM masih berada di rumah, pk 12.00 AM ­ pk 02.00 PM berjalan dari Vesta’s Farm ke Villa, pk 02.00 PM ­ pk 06.00 PM berada di halaman Villa, pk 06.00 PM ­ pk 08.00 PM berjalan dari Villa ke Vesta’s Farm.
  • Trik Cepat mendapatkan Celia : Selalu membeli bibit melalui dirinya pada pagi hari, lebih baik tiap hari beli pupuk/fertilizer seharga 40G padanya dan berikan selalu Flowers apa saja maka ia menyukainya. Jika ada cutscene dengan Celia, jawablah pertanyaannya dengan bijak.

2.     Lumina

Lumina adalah cucu dari Romana. Dia sangat senang memainkan pianonya.
  • Ciri-Ciri : Gadis kecil berambut coklat yang berbaju putih ini sering bermain piano. Ia tidak pergi jauh, hanya di sekitar rumahnya saja. Lumina merupakan gadis yang sulit didekati tapi hanya modal bunga saja lama kelamaan kamu bisa memikat hatinya.
  • Tempat Tinggal : Villa lantai 2
  • Pekerjaan : Tidak Bekerja
  • Kesukaan : Flowers, Fried Sweet Potato, Strawberry Cake
  • Diary : Di atas meja kamarnya dekat 2 boneka kelinci
  • Jadwal : Pk 09.00 AM ­ 09.30 AM di kamarnya lantai 2, pk 09.30 AM ­ 12.00 PM bermain piano di Villa, pk 02.00 PM ­ pk 04.00 PM berjalan dari Villa ke rumah Fireworks Maker, pk 04.00 PM ­ pk 06.00 PM di hala-man Fireworks Maker, pk 06.00 PM ­ pk 07.00 PM di halaman Villa, pk 7.00 PM ­ pk 08.00 PM menemui Romana tapi kamu tidak bisa mene-muinya, pk 08.00 PM ­ pk 09.00 PM berjalan menuju kamarnya, pk 09.00 PM-pk 10.00 PM ada di kamarnya, tidur pk 10.00 PM.
  • Jadwal saat tanggal 3 & 8 : pk 10.00 AM ­ 04.00 PM berada di halaman Villa, pk 04.00 PM ­ 05.30 PM berjalan dari Villa ke tempat Van (samping Inner Inn), pk 05.30 PM ­ pk 06.40 PM di tempat Van, pk 06.40 PM ­ pk 08.00 PM berjalan dari tempat Van ke Villa, pk 09.00 PM ­ pk 10.00 PM di kamarnya.
  • Trik Cepat mendapatkan Lumina : Awalnya saat hatinya masih hijau sangat sulit membuat hatinya merah tapi kamu bisa membuat hatinya cepat merah dengan mengunjungi Lumina di Villa saat ia berlatih piano pada pagi hari antara jam 8 pagi sampai jam 11 siang. Bicara dengannya saat ia bermain piano maka ia senang kamu mengunjunginya. Setelah itu berikan selalu Flowers padanya, lebih baik saat ia berada di kamarnya maka hatinya cepat berubah. Menjawab pertanyaan dengan bijak saat cutscene dengannya juga membantu.
  • Saat Melamar Lumina : Berikan Blue Feather saat Lumina berada di kamarnya maka ada event Lumina menunjukkan bulu biru ini pada Romana. Kemudian Romana menanyakan padamu apakah bisa membahagiakan Lumina. Jawaban ” Leave it to me!” saja maka Romana akan mengajari Lumina bagaimana menjadi istri yang baik terlebih dahulu.

3.      Nami

Nami tinggal di penginapan Inner inn. Dia sangat jutek, karna saat setiap kali diajak bicara, maka dia akan menjawab dengan ketus.
  • Ciri-Ciri : Gadis yang Tomboy alias bersifat seperti laki-laki ini memakai kemeja berkotak dan celana pendek. Nami bersifat sangat dingin bahkan saat kamu memberinya hadiah-pun ia bersikap dingin padamu. Ia tidak bermaksud lama tinggal di desa tapi mungkin kamu bisa mengubah pendiriannya.
  • Tempat Tinggal : Lantai 2 kamar di kiri tangga Inner Inn
  • Pekerjaan : Tidak Bekerja
  • Kesukaan : Clay Statues, Fossils, Blue Trick Flowers, Curry
  • Diary : Buku biru di atas meja kamarnya
  • Jadwal : Pk 09.00 AM ­ 09.30 AM berada di kamarnya, pk 09.30 AM ­ pk 12.00 PM berjalan dari Inner Inn ke Spring, pk 12.00 PM ­ 05.00 PM berada di Spring, pk 05.00 PM ­06.40 PM berjalan dari Spring ke Blue Bar, pk 06.40 PM ­ 09.00 PM berada di dalam Blue Bar, pk 09.00 PM ­ 10.00 AM berjalan dari Blue Bar ke ladang belakang Blue Bar, pk 10.00 PM ­ 10.20 PM berada di ladang, pk 10.20 PM ­ pk 11.00 PM berjalan dari ladang ke Turtle Swamp, pk 11.00 PM ­ pk 11.30 PM di Turtle Swamp, pk 11.30 PM ­ pk 12.30 pulang perjalanan ke Inner Inn (kadang pk 10.00 PM ­ pk 12.00 PM berada di pekarangan rumah Cody ­Artist’s House).
  • Catatan : Jika ia bung kamar pk 10.00 AM maka jadwal mirip seperti tanggal 3 dan 8, biasanya pada hari turun salju di musim Winter.
  • Jadwal saat tanggal 3 & 8 : Pk 09.00 AM- pk 10.00 AM berada di kamarnya, pk 10.00 AM ­ pk 10.30 AM bung kamar ke halaman Inner Inn, pk 10.30 AM ­ pk 12.00 PM di halaman Inner Inn, pk 12.00 PM- pk 12.30 PM berjalan menuju rumah Daryl (Scientist’s House), pk 12.30 PM ­ pk 02.00 PM di halaman rumah Daryl, pk 02.00 PM ­ pk 02.50 PM berjalan dari rumah Daryl ke Turtle Swamp, pk 02.50 PM ­ pk 04.10 PM di Turtle Swamp, pk 04.10 PM ­ pk 04.35 PM berjalan dari Turtle Swamp ke Beach (pantai), pk 04.35 PM ­ pk 10.00 PM di Beach, pk 10.00 PM ­ pk 11.30 PM berjalan dari Beach menuju pohon besar yang terletak di tengah antara Inner Inn dengan rumah Gustafa (Bard’s House), pk 11.30 PM ­ pk 12.00 PM berada di pohon besar dekat Inner Inn ini, pk 12.00 PM ­ pk 12.45 AM perjalanan ke Inner Inn, pk 12.50 AM ­ pk 01.30 AM di kamarnya.

4.      Muffy

Muffy adalah pelayan bar. Dia tinggal bersama Griffin.
  • Ciri-Ciri : Gadis berambut pirang dan selalu berpakaian gaun merah layaknya orang kota. Muffy semula bekerja di kota sebagai sekretaris, ia semula kurang menyukai kehidupan di desa tapi kamu bisa mengubahnya. Jika kamu menyukai gadis kota maka Muffy adalah pilihan yang tepat.
  • Tempat Tinggal : Kamar di Blue Bar
  • Pekerjaan : Pelayan di Blue Bar
  • Kesukaan : Flowers, Crystals, Shiny Coins, Moon Ores
  • Diary : Periksa Vas Bunga di pojok Blue Bar
  • Jadwal : pk 09.00 AM-12.00 AM berada di kamarnya, pk 12.00 PM ­ 03.00 PM bekerja di Blue Bar, pk 03.00 PM ­ pk 05.00 PM di dapur Inner Inn, pk 05.00 PM ­ pk 06.00 PM berjalan dari Inner Inn ke Blue Bar, pk 06.00 PM-pk 08.00 PM di kamarnya, pk 08.00 PM ­ pk 10.00 PM bekerja di Blue Bar.
  • Jadwal tanggal 3 & 8 : Pk 10.00 AM ­ pk 11.00 AM di kamarnya, pk 11.00 AM ­ pk 04.00 PM bekerja di Bar, pk 04.00 PM ­ pk 04.30 PM berjalan ke Inner Inn, dan seterusnya sama.
  • Trik Cepat mendapatkan Muffy : Gadis yang sangat mudah didekati walaupun ia pernah patah hati. Cukup berikan bunga setiap hari saat ia berada di kamarnya ataupun di Bar. Event dengan Muffy sangat banyak jadi jawablah pertanyaan saat event dengan bijak maka hatinya cepat berubah. Saat kamu ke kamarnya dan ia menanyakan apakah kamu menemuinya atau Griffin, pilih opsi pertama.
3.      KARAKTER ANAK


Setiap istri yang kita nikahi di Harvest Moon A Wonderful Life Special Editions memang berbeda, begitu pula anak yang mereka lahirkan. Anak emiliki bakat, kemampuan genetik, kesukaan, dan sifat yang berebda-beda. Bakat dan kesukaan dapat kita ubah, tetapi sifat tidak bisa dibawah ini saya akan memberitahu sifat dan karakter setiap anak.


1.Anak Muffy


  • Sifat : Periang dan senang berada di luar rumah
  • Pakaian : Warna merah dan biru
  • Rambut : Blonde (pirang)
  • Warna Mata : Hijau
  • Anak Muffy ini mewarisi sifat ibunya dan agak sedikit nakal tapi secara keseluruhan ia merupakan anak yang suka berada di dekat hewan ternak dan suka berada di luar rumah. Menurut saya anak Muffy paling mudah diurus jika kamu tidak mau repot pilih Muffy saja jadi istrimu.
Karir – Ketertarikan – Kemampuan Genetik
  • Animals/Binatang – Sangat tinggi – Sedang
  • Artist/Seniman – Sangat rendah – Rendah
  • Athlete/Atlit – Sangat tinggi – Sangat tinggi
  • Music/Musik – Tinggi – Sangat tinggi
  • Plants/Tanaman – Sangat rendah – Sangat rendah
  • Scholar/Sarjana – Sangat rendah – Sangat rendah

2.Anak Celia

  • Sifat : Menyukai alam, sedikit pemalu, dan suka berada di luar rumah
  • Pakaian : Semuanya berwarna hijau dari baju hingga topi
  • Rambut : Coklat
  • Warna Mata : Hijau
  • Anak Celia merupakan pilihan tepat jika kamu tidak mau repot-repot membawanya mengunjungi penduduk desa. Cukup tunjukkan hasil panen dan tanaman maka ia menyenanginya, sama halnya dengan ibunya maka anak Celia juga manis dan lucu.
Karir – Ketertarikan – Kemampuan Genetik
  • Animals – Tinggi – Sangat tinggi
  • Artist – Rendah – Tinggi
  • Athlete – Rendah – Rendah
  • Music – Rendah – Rendah
  • Plants – Sangat tinggi – Sangat tinggi
  • Scholar – Sangat rendah – Rendah

3.Anak Nami

  • Sifat : Pendiam, Cool, dan pintar
  • Pakaian : Semuanya berwarna biru
  • Rambut : Merah
  • Warna Mata : Biru
  • Anak Nami menurut saya merupakan anak yang sukar dilatih maupun dikembangkan minatnya. Satu-satunya yang menarik minatnya adalah menjadi Seniman/Artist. Sifatnya pendiam dan kamu perlu kesabaran mengembangkan minatnya.
Karir – Ketertarikan – Kemampuan Genetik
  • Animals – Sangat Rendah – Tinggi
  • Artist – Sangat Tinggi – Sangat Tinggi
  • Athlete – Sangat Rendah – Sangat Rendah
  • Music – Rendah – Tinggi
  • Plants – Tinggi – Tinggi
  • Scholar – Rendah – Sangat Tinggi

4.Anak Lumina


Anda bisa mendapatkan anak perempuan dari Lumina di game ini.Caranya di year 1, kunjungilah rumah Harvest Spirit dengan cara memakan jamur berwarna merah yang ada disitu (ada 2). Jalanlah menuju 3 pot yang ada disitu. Klik pot itu sebanyak 100X, dan Mr Pot akan bilang "You Win". Bicaralah ke salah satu Harvest Spirit dan ia akan bertanya apakah kamu ingin "son (anak laki2)" atau "daughter (anak perempuan)". Pilih daughter dan di year 2 anak kamu adalah anak perempuan.

  • Sifat : Manja, suka bermain dan lebih suka berdiam di dalam rumah
  • Pakaian : Semuanya berwarna coklat kecuali baju berwarna krem tua.
  • Rambut : Coklat Pirang
  • Warna Mata : Coklat
  • Anak Lumina ini lebih suka berada dalam rumah, jika kamu meninggalkannya di luar rumah maka ia akan kembali sendiri ke rumah. Selain itu ia juga suka meminta digendong dan melakukan toss tapi tidak suka mandi, kadang suka membantah tidak mau tidur saat Lumina menyuruhnya tidur. Ia lebih sering terlihat mendekati alat pemutar piringan hitam musik dan di dapur.
Karir – Ketertarikan – Kemampuan Genetik
  • Animals – Rendah – Rendah
  • Artist – Sangat Rendah – Rendah
  • Athlete – Rendah – Rendah
  • Music – Sangat Tinggi – Sangat Tinggi
  • Plants – Tinggi – Rendah
  • Scholar – Sangat Tinggi – Tinggi

KARIR ANAK/SKILL ANAK

Karir anak merupakan hal penting yang harus kamu kembangkan. Kemampuan Karir tergantung dari berteman dengan benar, memberikan hadiah yang benar, serta memberikan mainan yang benar. Selain itu kamu bisa menunjukkan anakmu pada setiap orang, untuk yang berkomentar baik tentang anakmu bisa kamu tinggalkan sebentar di rumahnya. Berikut sedikit penjelasan tentang karir dan apa saja yang harus kamu lakukan untuk mengembangkan skill-nya yaitu :


1.Scholar/Ilmu Pengetahuan/Sarjana

Scholar adalah pengembangan minat anak terhadap ilmu pengetahuan. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan minatnya yaitu :

-Berteman baik dengan Daryl, Carter, maupun Flora
-Memberikan mainan Toy Car (mobil-mobilan) atau Blocks (puzzle)
-Menunjukkan hasil penggalian berupa Ore seperti Moon Ore dan Sugar Ore
-Bawa anakmu ke tempat Daryl (Scientist House) dan tempat Carter (Dig Site)
-Saat Chapter 3 baca buku The Seven Wonders
-Jika berteman baik dengan Flora dan Carter maka di Chapter 3 ia memberikan Necklace yang   bisa kamu berikan pada anakmu.
-Memerah susu sapi/kambing dengan Milker serta mencukur bulu domba dengan Electric Razor.



2.Plants/Tanaman/Ahli Botanis

Plants adalah mengembangkan kemampuan anakmu terhadap tumbuhan (ahli Botanis gitu deh). Hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan minatnya yaitu :

-Menunjukkan Bunga, Hasil panen, tanaman liar, Bibit (Seed)
-Berteman baik dengan Celia, Vesta, dan Marlin
-Bawa anakmu ke Vesta’s Farm atau cukup tinggalkan di tanah pertanianmu sendiri.
-Sesering mungkin membeli pupuk/fertilizer dan menggunakannya pada rumput ataupun tanaman
-Menanami ladang dengan banyak pohon buah maupun tanaman sayuran



3.Animals/Hewan

Animal adalah mengembangkan kemampuan anak terhadap hewan (mungkin untuk menjadi Peternak atau Dokter Hewan???). Hal yang bisa menaikkan minatnya yaitu:

-Menunjukkan hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan sebagainya
-Menunjukkan bayi atau anak sapi (Cattle), serta Ayam (Chickens)
-Bawa anakmu ke Barn dan Chicken Coop di tanah pertanianmu
-Membaca buku ‘I love Pets!”
-Memerah susu sapi/kambing dengan tangan dan gunakan Wool Shears (pencukur biasa) pada dombamu atau gunakan Milking Room saja.
-Menerima Kucing dari Romana serta berteman baik dengan Romana



4.Artist/Seniman

Artist adalah kemampuan anakmu terhadap hal-hal yang berhubungan dengan seni termasuk melukis maupun memahat. Hal yang bisa membantu mengembangkan minatnya yaitu :

-Tunjukkan Moon Ore dan Sugar Ore dari hasil penggalian
-Berteman baik dengan Cody, Patrick, Kassey, maupun Sebastian
-Bawa anakmu ke rumah Cody (Artist’s House), rumah si kembar Patrick & Kassey (Fireworks Maker) ataupun ke Villa tempat Sebastian berada.
-Tunjukkan selalu mainan Scratchpad pada anakmu
-Baca buku “Colors” dalam ruangan
-Jika berteman baik dengan Cody maka ia akan memberikan lukisan yang bisa kamu pasang di rumahmu ataupun kandang ayam.



5.Music/Musik

Music adalah mengembangkan kemampuan anak terhadap dunia musik. Anak Lumina sangat menyukai musik jadi hal-hal yang bisa mengembangkan minat musik adalah :

-Berteman baik dengan Gustafa, Lumina (jika kamu tidak menikahinya), Romana, ataupun Griffin
-Bawa anakmu ke tenda Gustafa (Bard’s House). Blue Bar, Inner Inn dan Villa merupakan alternatif
-Dapatkan drum set dari Gustafa untuk diberikan pada anakmu saat Chapter 3, itu jika kamu berteman baik dengannya. Kamu juga bisa mendapatkan Sheet Music jika berteman baik dengan Lumina tapi bukan menikahinya lho..^^.




6.Athlete/Atlit/Olah Raga

Athlete adalah mengembangkan kemampuan anak terhadap dunia olahraga terutama Atletik. Hal-hal yang bisa membantu yaitu :

- Selalu menunjukan Bola/Ball biru yang dibeli dari van padanya
- Berteman baik dengan Wally dan Hugh
- Bawa anakmu ke rumah Wally
- Sering-seringlah berjalan kaki dibandingkan menunggangi kuda
- Stlh ia tumbuh lebih besar di Chapter 3 n 4 mk barang2 di kamarnya bs menunjukkan tingkat kesukaannya krn anakmu sudh mempunyai kmr sendiri.

4.      MENDAPATKAN HEWAN PELIHARAAN
  • Kura-Kura
Bertemanlah dengan Cody, dan pada suatu hari... kamu akan melihatnya bersama dengan kura-kura di Turtle Swamp. Memancinglah disana lalu Cutscene akan terjadi bahwa kamu tercebur. Lalu Cody dan kura-kura itu menolongmu. Dan di akhir tahun di Year 1, kamu akan diberi kura-kura oleh Cody. Kamu hanya bisa mendapatkan rakun di Year 1.
  • Rakun
Bertemanlah dengan Vesta dan adiknya Merlin. Setelah kamu mendapat Veggie Juice dan Weird Hoe, kamu akan diberi rakun oleh Vesta. Kamu hanya bisa mendapatkan rakun di Year 1.
  • Chihuahua
Bertemanlah dengan Carter dan dapatkan setiap tablet per tahunnya. maka, di Year 6 ia akan memberimu Chihuahua
  • Kucing
Bertemanlah dengan Romana, lalu pada Year 2, sekitar summer/fall pada pukul 4 pm. Keluarlah dari rumah dan cutsceene akan terjadi.
  • Bebek
Belilah kolam di Year 1. Lalu pada musim panas di Year 2 kamu akan mendapatkan 2 bebek (jantan dan betina)
  • Anak Bebek
Anak bebek akan menetas di telur yang dierami ayammu. INGAT!!! Bebek tidak menghasilkan telur
  • Kadal
Bertemanlah dengan Muku-muku (makhluk besar yang imut yang hanya datang di musim salju). lalu pada suatu hari di musim salju, datanglah ke Spring dan Cutscene akan terjadi. Lalu setelah itu Muku-muku memberimu Kadal
  • Burung Hantu
Bertemanlah dengan semua orang tanpa terkecuali di Forget Me Not Valley. Lalu kamu akan diminta membersihkan Goddes Spring, setelah itu Harvest Sprites akan memberimu burung Hantu. Terkadang, burung hantu tersebut dapat kamu lihat di pohon besar tempat tinggal Harvest Sprites.
5.      HADIAH DARI PENDUDUK DESA

  • Tumtum (Drum kecil milik Gustafa)
 Untuk bisa mendapatkan Tumtum, berteman baiklah dengan Gustafa. Dengan cara memberinya susu (dia suka semua susu), Telur, dan bunga. Lakukan itu setiap hari. Lalu, pada year 3, Datanglah ke rumahnya pada pukul 09.00 a.m. atau lebih lalu ajaklah ia bicara maka ia akan memberimu Tumtum.
Note: sebelum bicara ama dia, berilah barang kesukaannya
  • Musical Sheet
Untuk bisa mendapatkan Musical Sheet, syaratnya anda harus berteman dengan Romana. Beri ia bunga, susu, dan telur setiap hari ketika ia tidak sedang duduk di kursi goyang (karena dia tidak akan menerima pemberian anda) Lalu, pada year 3,musim winter kira-kira pukul 04:25, datanglah ke kamarnya tempat ia duduk di kursi goyang, lalu ajak ia bicara, maka ia akan memberimu Musical Sheet.
  • Fireworks
Bertemanlah dengan Cassey dan Patrick dengan cara memebrinya makanan, coin, pretty stone, telur, dan makanan lainnya. Lalu pada year 3 datanglah ke rumahnya pada pukul 06:00 AM saat ia sedang bekerja, dan ajaklah Patrick/kassey bicara, maka anda akan diberi Fireworks olehnya.
  • pancingan
Anda hanya bisa mendapatkan Fishing Pole di year 2 atau lebih. Caranya saya bagi dua, bagi yang masih bermain harvest moon ini di year 1 ikutilah cara pertama. Dan bagi yang sudah bermain harvest moon ini di year 2 keatas, bisa ikuti cara ke-2.

Cara Pertama:
Untuk mendapatkan fishing pole di year kedua, anda harus berteman dengan Galen di Year 1 (karena itulah saya mensyaratkan bagi yang baru main di Year 1 supaya mengikuti cara yang ini). Beri dia segala maca jenis ikan (Semakin besar jenis ikannya semakin baik) dan makanan yang kamu buat (jangan something odd dan failed attemp). Lalu, pada Year 2, Nina (istri Galen) meninggal, Galen akan sangat sedih. Datangilah ke rumahnya, bicaralah padanya, maka ia akan bertanya begini "Do you like fishing?"... Jawab "Yes maka kamu akan mendapatkna Fishing Pole.

Cara Ke-2:
Di cara kedua ini, anda baru bisa mendapatkan Fishing Pole pada year 3 atau lebih. Karena, pada year 2 Galen akan sangat sedih (Karena Nina meninggal), dan ia tidak mau diberi pemberian apapun. Tetapi pada year 3, Galen akan kembali ceria. Dia juga sudah mau menerima pemberian kita. Lalu berilah dia ikan, atau makanan yang kita masak setiap hari. Laalu, kalau anda sudah berteman dengannya. Datanglah ke rumahnya, dan ajaklah ia bicara. Maka ia akan menanyaimu begini "Do you like fishing?" jawab "Yes" maka ia akan memnerimu Fishing Pole
  • Wool Clippers
Bertemanlah dengan Wally dengan cara memberinya susu, telur, dan buah. Lalu pada tahun kedua musim spring pada pukul 09:00 AM / 01:00 PM pergilah ke rumahnya ketika ia sendirian. Cutscene akan terjadi, dan kamu akan diberinya Wool Clippers.
  • Sabit merah
Bertemanlah dengan Cody dengan memberinya bunga/pretty stone, Susu, Telur, Buah, dan masakanmu. Lalu sekitar pukul 1 p.m. datangilah rumahnya. Cutscene akan terjadi dan dia akan memberimu Strange Sickle.
Note : Kamu harus mempunyai rumput di padang rumput kamu, tapi jangan dipotong dulu.
(ada rumor mengatakan bahwa mendapatkannya pada tahun keempat musim spring pukul 10:00 p.m  
  • Gold Medal
Untuk mendapatkan Gold Medal, kamu harus berteman dengan Wally. Anda baru bisa mendapatkan Gold Medal setelah anda diberi Wool Clippers oleh Wally. Datangilah rumahnya ketika ia sedang bersama Chris pada tahun ketiga, istrinya. Bicaralah padanya dan anda akan diberi Gold Medal olehnya.
  •  Sabit aneh
Untuk mendapatkan sabit aneh, bertemanlah dengan Dr. Hardy. Beri ia fossil, susu, buah, dan masakanmu (Yang berhasil). Jika kamu sudah berteman dengannya,setelah tahun keempat pada musim spring, hari ke 2 pergilah ke rumahnya 06:15 AM dan cutscene akan terjadi. Dr. Hardy akan memberimu Strange Sickle.
Note: Kamu harus sudah punya sabit merah dari cody
  • bumbu special Ruby
Bertemanlah dengan Ruby (Istri Tim) yang tinggal di Inner Inn. Beri dia tomat, susu, bunga, dan masakanmu setiap hari. Lalu pada suatu hari pukul 01:00 siang musim summer tahun pertama, pergilah ke dapur rumahnya pada musim summer tahun pertama  ketika ia sendirian disana.. Ajaklah dia bicara, dan dia akan memberimu Ruby Spice.
Note: Rubby harus ada di dapur sebelum kamu.
  • kalung
Bertemanlah dengan Flora, asisten profesor Carter yang bekerja di Digsite. Berilah ia Buah, Susu, dan masakanmu. Di sore hari sekitar pukul 5.30 p.m pada tahun ketiga musim winter, pergilah ke tendanya dan ajaklah ia bicara. Maka, ia akan memberimu Necklace yang dapat kamu berikan ke anakmu.
Note: setelah kamu memberikan 4 ikan pada flora

·         Jam alarm

Bertemanlah dengan Grant, lalu pada tahun ke 2, datangilah rumahnya sekitar pukul 05:00 AM / 09:00 PM.

·         Strange Hoe

Bertemanlah dengan Tim, lalu pada tahun ke empat musim spring hari ke 2 pada pukul 06:00 pagi datangi dia dan masuk ke kamarnya. Dia akan memberikan Strange hoe
Note: Sudah harus punya lahan ke-3

·         Weird hoe

Bertemanlah dengan Vesta,lalu pada tahun keempat musim spring, datanglah ketempat penyimpanan buah dan sayuran milik Vesta pada pagi hari kira-kira pukul 06:30 saat marlin tidak ada. Dia akan memberikan mu Weird Hoe
Note: Sudah punya Strange Hoe

·         Patung logam

Cara mendapatkannya sama dengan cara mendapatkan sabit merah.

·         Watering can W

Bertemanlah dengan Romana. Lalu datangi dia pada tahun ketiga musim Winter pada hari ke enam kira kira pukul 04:25 sore. Dia akan memberikan mu benda itu
Note: sudah punya lahan ke 3

·         Pembuat bibit(seed maker)

Bertemanlah dengan Daryl. Temui dia pada pukul 12 siang. Dia akan memberikan seed maker tersebut.
Note: seed maker tidak boleh ada dalam daftar pemesanan.

·         Resep Sebastian

Bertemanlah dengan Sebastian . Lalu pada tahun kedua musim summer hari ke-3 temui dia dirumahnya pada malam hari kira-kira pukul 09:00 setelah kamu memberikan patung kuda .


·         Resep Samantha

Bertemanlah dengan Samantha . Lalu pada tahun  kedua musim summer tahun ke-3 temui dia dirumahnya pada sore hari kira-kira pukul 04:00

·         Tanaman Tartan (tanaman dengan 2 kepala yang dapat berbicara)

Bertemanlah dengan Takakura , berikan minimal 1x dalam sehari makanan yang kamu buat sendiri kepadanya sampai pada summer tahun ke-2. Lalu pada tahun tersebut , setelah takakura keluar dari kandang sapi ikuti dia ke dalam rumahnya kira-kira pukul 05.00 p.m

Note : takakura yang harus lebih dulu masuk ke dalam rumahnya dan kamu jangan langsung masuk kerumahnya tapi tunggu kira-kira 5 detik .

Record:

-spring song_bila udah brtmn dng van... maka record spring song akan ada di shop dia dari tahun ke2 dan seterusnya
-town spirit_brtmn dngn sebastian.... masuk kekamarnya pada jam 05.00am and talk ke dia(mungkin harus udah lht cs tentang foto romana wkt masih muda...) Dari tahun ke 1 winter dan seterusnya
-flowerbud fall_brtmn dng rock.... usahakan ksh brg kesukaanya setiap hari.... masuk ke kamarnya jam 00.00pm (12 siank)... [sebelum talk ke dia kasih dia brg terlebih dahulu] dari tahun ke 4 dst
-64 memories_ kalahkan kassey/patrick dlm mini game puzzle sbnyak 10x
-marine jazz_ brtmn dng griffin... masuk ke kamarnya pada jam 10.00am atau 02.00pm
-butterfly_brtmn dngn marlin... pd tanggal 3 dan 8 pergilah ke dekat air terjun dekat tenda carter pd jam 09.00am and talk ke marlin
-winter hm_brtmn dng kate... masuk ke lantai atas rumahnya pd jam 6 pagi dan talk langsung ke dia
-HMAWL SE_brtmn dng hugh.... masuk ke kamarnya pd jam 06.00am and talk ke dia
-summer memories_brtmn dgn carter... pd tggl 3 dan 8 pergi ke pantai pd jam 02.00pm atau 03.00pm and talk langsung ke dia
-joy of fall_ brtmn dng mukumuku... pergi ke hutan spring (di dkt rumah harvest sprites) and talk aja ke dianya langsung.... 1hari dapat 1 record (selama musim dingin saja)
-the bride_ brtmn dngn chris.... and talk ke dia waktu dia lagi di luar atau di dalam rumahnya....

note: bila ingin mendapatkan smua record itu.... sbelum talk ke chart yang bakal ngasih record ke kita.... sebaiknya kasih mereka brg kesukaanya terlebih dahulu....

1.      Mendapatkan cutscene cutscene pada penduduk desa forget-me-not-valley .

Dalam game Harvest Moon: a Wonderful Life Special Edition kalian akan menemukan banyak cut scene yang membuat permainan lebih seru. Berikut ini adalah cara mendapatkan cut scene dengan para penduduk.

Muffy
- First Encounter (1 hati)
Keluar dari rumah sekitar pagi menjelang siang. Kalian akan melihat anjing kalian mencoba menyerang Muffy. Ambil pilihan "are you hurt" dan dia akan pulang ke rumahnya

- Breaking Dish (2 hati)
Masuki Blue bar. Dia akan senang jika kalian mangmbil pilihan untuk mendengarkannya

- Whom You Want to Meet?
Masuki ruangannya saat dia ada di dalam. Dia akan bertanya apa kalian ingin bertemu dengannya atau dengan Griffin,ambil pilihan pertama

- Friend's Wedding (3 hati)
Keluar dari rumah kalian menuju sungai. Muffy akan maminta kalian untuk mendengarkannya. Ambil pilihan "you belong here" untuk membuatnya senang

- One Night (4 hati)
Tidurlah antara jam 6-8pm.. Muffy akan mengetuk pintu rumah kalian dan ingin menginap di rumah kalian karena dia merasa ada yang mengikutinya dari belakang. Jika kalian mengizinkannya, Griffin akan datang dan membawa Muffy pulang dan Muffy akan berterima kasih pada kalian

- Dating (4 hati)
Masuki Blue Bar saat siang.. Muffy akan berkata bahwa dia sedang bosan. Jika kalian mengajaknya kencan,dia akan setuju dan setelah pulang,dia akan berkata bahwa dia bersenang-senang hari itu

- I'm Really on to You (4 hati)
Event ini akan kalian dapatkan jika kalian memilih untuk menikahi wanita lain. Saat kalian masuk ke dalam rumah,Muffy akan datang dan dia akan berkata bahwa dia kecewa pada kalian,lalu dia pulang sambil menangis

- The Bridge 1
Setelah menikah dengan wanita lain,pergilah ke sungai. Dia akan berkata bahwa dia patah hati dan dia mencintai pria yang sudah menikah

- The Bridge 2
Keluar dari rumah dan pergilah ke sungai. Dengarkan Muffy

- Not Young Anymmore
Chapter 5, tidak menikahi Muffy. Pergi ke Bar. Kalian akan melihat event Muffy dan Griffin

Celia
- Farm Life (1 hati)
Saat Celia berada di depan rumahnya,masuk ke rumahnya lalu keluar. Celia akan berkata pada kalian. Ambil pilihan 'it doesn't bother' lalu pilih 'no'

- Shopping Trip (2-3 hati)
Masuki rumah Vesta sekitar jam 8..18 - 10.47 am. Saat kalian akan mengetuk pintu,Celia akan akan keluar dan mengajak kalian pergi dengannya. Marlyn akan keluar dan barkata bahwa Celia harus belanja. Jika kalian memilih untuk mengantar Celia, Marlyn akan marah pada kalian. Lalu Vesta akan keluar,jika kalian meminta maaf, Celia akan meminta kalian mengantarnya

- Silent Spring (2-3 hati)
Keluar dari rumah kalian saat siang,Celia akan mengajak kalian ke Spring, ikuti dia. Ambil pilihan "silent"

- Getting Married (3-4 hati)
Masuki rumah Vesta saat Celia ada di dalam. Celia akan keluar saat kalian akan mengetuk pintu,dia akan mengajak kalian ke spring. Dengarkan dia (ambil pilihan "tell me"), lalu pilih "don't knock" yang berarti Celia harus menolak pernikahan itu

- The Decision (3-4 hati)
Masuki rumah Vesta saat pagi (saya mendapat event ini saat jam 6am lebih sedikit). Ambil pilihan "you didn't hear anything",Vesta akan berkata bahwa Celia akan bertemu calon suaminya, lalu Celia akan melihat kalian dan berkata dia butuh waktu untuk memutuskan.

- Runaway Celia? (4 hati)
Keluar dari rumah kalian saat jam 6am. Vesta berkata pada kalian bahwa dia tidak menemukan Celia. Setelah kalian membantu mencarinya,ternyata Celia ada di rumah kalian dan sedang bermain dengan anjing kalian. Dia berkata bahwa dia mencintai kalian. Jika kalian memilih mencintainya juga, dia akan senang lalu pulang ke rumahnya

Nami
- First Encounter (1 hati)
keluar dari rumah saat siang. Nami akan melihat-lihat peternakan kalian. Ambil pilihan "what ever you say"

- Bar Chat (2 hati)
Masuk ke bar saat Nami, muffy dan Griffin ada di dalam. Ambil pilihan 1 lalu pilihan 2 untuk menceritakan kenapa kalian datang ke desa ini. Saat Nami pulang, dia lupa membayar minumannya, jika kalian membayarnya, Muffy akan berkata bahwa kalian baik hati.

- Nami's Gone (3 hati)
Masuk ke rumah kalian saat jam 8pm, Tim dan Ruby akan datang dan bertanya apa kalian melihat Nami. Ambil pilihan untuk membantu mencarinya. Setelah kalian menemukannya, Nami akan berkata pada kalian bahwa dia baik-baik saja


- Nami's Letter (4 hati)
Masuk ke penginapan saat malam hari (10pm), saat Nami ada di dalam. Tim mendapat telepon dari ayah Nami. Setelah event,Nami akan bertanya apa dia bisa bekerja di peternakan kalian, jika kalian menjawab boleh, dia akan senang.

- Out of Money (4 hati)
Masuki penginapan saat malam hari di winter,Tim akan bertanya kenapa kalian datang, jawab untuk bertemu dengan Nami dan Tim akan senang. Lalu Nami akan turun dan pergi keluar, ikuti dia dan kalian akan menemukannya menangis di pantai. Nami akan menjelaskan bahwa dia kehabisan uang dan harus meninggalkan desa. Kalian bisa berkata bahwa dia bisa tinggal bersama kalian (artinya kalian melamarnya) dan dia akan setuju.

- Nami's Back
Tidak menikahi Nami,masuki bar saat malam setelah patrick masuk.. Cody dan Patrick akan berkata bahwa mereka kesepian setelah Nami pergi. Lalu Carter datang dan berkata bahwa dia melihat Nami. Jika kalian mengambil pilihan untuk mengejarnya, Cody, Gustafa dan Patrick akan menemukan Nami. Tim akan menawarkan Nami untuk tinggal di penginapan. Ambil pilihan "yes" untuk membuat Nami senang.

Lumina
- Piano is difficult (1 hati merah,bukan hijau)
Masuki ke vila saat Lumina bermain piano. Romana akan memuji permainan Lumina. Saat Romana pergi,Lumina akan mengobrol dengan kalian. Ambil pilihan "just have more fun" untuk membuatnya senang. Jika kalian mengambil pilihan "just try harder", Rock akan datang dan mengobrol dengan Lumina. Event ini bisa kalian dapatkan di musim semi.

- Accompaniment
Masuki kamar Lumina saat dia ada di dalam. Tanyakan apa dia ingin bermain piano bersama orang lain. Dia akan menjawab ya dan akan mengatakan bahwa kalian sudah seperti kakak baginya

- In Love?
Masuki vila saat mereka semua ada di dalam. Sebastian akan mengajak kalian untuk mencoba resep barunya. Saat kalian menuju dapur,kalian akan mendengar pembicaraan antara Romana dengan Lumina. Lalu Sebastian akan bilang bahwa menguping pembicaraan orang lain itu tidak baik. Lalu Sebastian akan memberitahu kalian bahwa Lumina semakin cantik dan dia mengira Lumina sedang jatuh cinta. Lalu dia akan memberi kalian masakannya,ambil pilihan kalian menyukai masakannya untuk membuatnya senang

- Timid Confession
Keluar dari vila dan Lumina akan meminta kalian menemaninya ke pantai (ambil pilihan yes). Di pantai,dia akan menannyakan siapa cinta pertama kalian,ambil jawaban yang menanyakan tentang cinta pertama Lumina. Sebastian akan datang menjemput Lumina pulang.

- Proposal
Berikan Blue Feather pada Lumina saat dia memiliki 4 hati. Dia akan bertanya apa itu untuknya,jawab ya. Kalian akan berada di kamar Romana,saat Romana bertanya apa kalian bisa membahagiakan Lumina, jawab saja ya.

Child
- Bath
Dalam chapter 2, masuki dapur sekitar 6:30pm. Istri kalian akan meminta kalian memandikan anak kalian. Untuk mendapatkan event ini, kalian harus bekerja di peternakan kalian dan mengurus tanaman, juga anak kalian harus dengan keinginannya sendiri untuk mandi (kalian tidak bisa memaksanya)

- Son Watering Crops
Dalam chapter 3, masuki kamar anak kalian saat dia ada di dalam. Dia sedang melihat sebuah kotak yang mereka temukan di pantai. Jika kalian ingin skill pendidikan mereka naik, ambil pilihan "what's in the box", lalu pilih "something else could be inside", lalu "your future".

Chris
- Women's Meeting
Dalam chapter 2, masuki rumah Hardy,lalu keluar lagi. Kalian akan melihat Chris sedang mengobrol dengan Samantha.

Daryl
- Experiment 1
Untuk mendapatkan event ini, kalian harus berteman dengan Daryl. Masuki rumahnya sekitar jam 1pm. Kalian akan melihat Daryl yang sedang mencoba penemuannya namun gagal.

- Experiment 2
Hampir sama seperti experiment 1, masuki rumahnya sekitar jam 1pm

- Idea Stolen
Masuki rumahnya sekitar jam 1pm. Dia akan mengeluh soal idenya tentang seed maker yang sudah dibuat di kota. Jika kalian belum memiliki seed maker, maka Daryl akan memberikan seed maker nya pada kalian untuk membuktikan bahwa dia yang menemukan seed maker pertama kali

- Mukumuku 1
Masuki rumah kalian lalu keluar lagi sekitar jam 6pm. Kalian akan melihat Daryl berjalan ke spring, ikuti dia. Daryl akan kaget melihat kalian, dia akan bertanya apa kalian melihat makhluk aneh di sekitar desa. Kalian akan melihat mukumuku di belakang Daryl, saat Daryl melihat Mukumuku, dia akan keget lalu berlari ke rumahnya

- Mukumuku 2
Masuki rumah kalian lalu keluar lagi sekitar jam 6pm. Kalian akan kembali melihat Daryl dan mengikutinya. Kali ini dia menyimpan makanan sebagai umpan untuk memancing Mukumuku. Sayang,Murrey mengambil semua makanan itu

- Mukumuku 3
Lakukan hal yang sama dengan yang kalian lakukan di event mukumuku sebelumnya. Kali ini Daryl membawa makanan untuk memancing mukumuku, tapi kembali gagal karena Murrey memakan semuanya

- Mukumuku 4
Lakukan hal yang sama seperti di event sebelumnya. Daryl tetap menggunakan makanan sebagai umpan, namun kali ini Van, Murrey, dan Mukumuku memakan semua makanan itu.

- Mukumuku
Lakukan hal yang sama dengan event sebelumnya. Kali ini Daryl memasukkan obat tidur pada makanan yang dia jadikan umpan. Saat Mukumuku memakan makanan itu,dia tidak tertidur. Daryl pun menyadari bahwa yang dia masukkan adalah vitamin,bukan obat tidur

- Plotting Against The Cows
Keluar dari rumah kalian sekitar sore. Kalian akan melihat Daryl mengamati sapi kalian. Saat hampir ditabrak sapi kalian, dia akan pulang.

- Observing Kids
Dalam chapter 2, keluar dari rumah kalian. Kalian akan melihat Daryl mengintip anak kalian melalui jendela, setelah kalian memergokinya, dia akan pulang.

Dr. Hardy
- a Noble Deed
Dalam chapter 3, saat musim dingin, pergilah menuju spring. Kalian akan mendapatkan event ini saat berjalan kesana. Dr. Hardy ingin memberikan obat pada Mukumuku, tapi Mukumuku ketakutan melihat bekas luka di wajah Hardy. Lalu dia akan menceritakan kisahnya pada kalian.

Galen
- Reminiscing
Dalam chapter 3, berjalanlah munuju rumah Vesta. Galen akan bercerita bagaimana dia bertemu dengan Nina.

Harvest Sprites
- Reviving The Goddess
Pergilah menuju Spring saat malam (sekitar 7pm), mereka akan memberitahu kalian Goddess terperangkap di Spring, dan mereka harus mengumpulkan nices untuk membebaskannya

- Nices? part 1
Keluar dari rumah kalian saat malam (musim semi). Mereka akan bertanya apakah sapi-sapi kalian termasuk nices

- Nices? part 2
Pergi ke vila setelah Nices part 1 (musim panas). Mereka akan mencari nices disana, tapi mereka tidak menemukannya.

- Nices? part 3
Saat musim gugur (setelah nices part 2),pergilah ke tengah desa. Mereka masih tidak menemukan nices disana.

- Nices? part 4
Setelah nices part 3 (musim dingin), pergilah ke tengah desa. Kalian akan melihat Gustafa meninggalkan rumahnya dan bermain gitar. Para harvest sprites setuju bahwa suara Gustafa termasuk nices.

Murrey
- Murrey Stealing!!
Simpan beberapa makanan di di freezer (bukan di kulkas di dapur kalian), lalu 1 atau 2 hari kemudian keluar dari rumah dan kalian akan melihat Murrey mencuri makanan kalian. Jika kalian meminta dia mngmbalikan makanannya,dia akan meminta maaf dan pergi.

- Goodbye, Murrey ?
Kalian harus terus menerus memberikan uang padanya sampai dia tidak mau menerima uang kalian lagi. Saat kalian masuk ke rumah kalian antara 10am - 4pm, Murrey akan datang dan mengucapkan selamat tinggal dan memberi kalian item hasil penggalian

Ruby
- Ruby's Spice
Bertemanlah dengan Ruby,masuk ke dapur di penginapan saat dia ada disana. Ruby akan bertanya apa kalian suka memasak, jawab ya dan dia akan memberikan item pada kalian.

Samantha
- Eat Your Carrots
Masuki rumah Samantha saat dia dan Kate ada di dalam rumah. Samantha akan menyuruh Kate untuk memakan wortelnya. Jika kalian ingin membuat Samantha senang, pilih "she's not being harsh".

- Nami and Cody
Masuki rumah Samantha sekitar siang hari. Samantha berkata bahwa dia melihat Nami dan Cody bersama

Sebastian
- Talking With The Expert
Event ini melibatkan Celia dan Lumina. Sebastian dan Celia akan mengobrol di kebun di luar vila. Celia akan memuji kebunnya. Lalu Lumina akan keluar dari vila dan melihat mereka. Sebastian akan berkata "what can i do for you,miss Lumina?" dan Lumina pergi sambil marah.

- Just for Lumina
Saat Van masuk ke vila,ikuti dia (sekitar jam 8pm). Van akan berusaha membeli lukisan dari Romana, tapi Romana menolaknya dengan alasan lukisan ini sangat berharga baginya. Lalu Lumina bertanya kenapa Romana tidak ingin menjualnya, ternyata karena yang melukis itu adalah Lumina. Sebastian akan datang dan menawarkan Lumina untuk melukis lagi. Ambil pilihan untuk mengikuti Sebastian yang bertarung dengan Mukumuku.

- Reminicense
Kalian harus berteman dengan Sebastian untuk mendapatkan event ini. Masuki kamarnya di vila. Ambil pilihan "is this picture of Romana?" dan Sebastian akan meminta kalian tidak menceritakannya pada siapapun. Ambil pilihan I Understand untuk membuat dia senang.


2.      TIPS-TIPS

1.      Tips pertama

Disini saya akan memberitahu anda cara gampang mendapatkan uang secara bertahap dari tahun ke tahun, karena memang tidak bisa langsung untuk mendapatkan uang yang banyak. Saya akan menjelaskan dari year 1, year 2, dan year 3 atau lebih.
  • Year 1
Di tahun pertama kamu tidak usah terlalu bernafsu atau terlalu terfokus untuk menghasilkan uang. Di tahun ini yang kamu butuhkan adalah penanaman modal untuk tahun-tahun berikutnya. Penanaman modal kalian adalah:
  1. Belilah bibit pohon pisang sebanyak 5 buah. kemudian tanamlah bibit tersebut di lahan ke dua disamping kanan kandang ayam di musim semi (yang memiliki petak lebih sedikit). Sirami setiap hari.
  2. Cara menanam pohon akan saya jelaskan di TIPS 1.
  3. Belilah bibit turnip sebanyak 49 buah dan strawberry sebanyak 5 buah.
  4. Tanamlah bibit turnip di lahan pertama dengan cara satu baris ditanami, baris berikutnya tidak, lalu satu baris ditanami, berikutnya tidak. (ini memudahkan anda dalam penyiraman tanaman). Jangan lupa menanam turnip di musim panas.
  5. Tanamlah bibit strawberry di musim gugur di lahan ke dua
Yang harus kalian lakukan di Year 1 adalah:
  1. Perahlah susu sapi milikmu
  2. Sayangi binatang-binatangmu, belilah sikat dari Van dan sikatilah ternak-ternakmu. Sekali-kali anda juga harus memandikannya
  3. Bertemanlah dengan semua orang. Khususya orang yang akan kamu nikahi (ada 4, yaitu: Celia, Muffy, Nami, dan Lumina.  ), Van (supaya barang yang kamu beli lebih murah dan barang yang kamu jual bisa kamu mahalkan), Cody (karena akan memberimu kura-kura.  ), Vesta dan Marlin (untuk mendapatkan Weird Hoe dan Raccoon), Takakura, Romana, Sebastian, Carter, Flora, Wally (agar dia memberimu Wool Clippers) dan Daryl (agar dia memberimu Seed Maker)
  4. Jangan jual tanaman hasil panenmu (turnip dan strawberry), simpan saja di tasmu (rucksack), jangan di food storage karena akan dicuri Murrey
  5. Beli pancingan di Van dan mancinglah di Turtle Swamp. Salah satu penghasilanmu disini adalah memancing. dapatkan Yamame dan Arna (kalau bisa Huge Yamame dan Huge Arna). Jual hasil mancingmu ke Van
  6. Jangan jual susu sapimu. Berikan saja susu sapimu ke orang lain. Tetapi kalau susu sapimu memiliki Grade S, sebaiknya kamu jual di Van
  7. Belilah Kambing seharga 4000g, jika kamu temannya Van, kamu bisa meminta discount dan kambingnya akan dijual seharga 1200g
  8. Dapatkan Seed Maker dari Daryl
  9. Dapatkan Weird Hoe dari Vesta dan Marlin
  10. Tanamlah Watermelon di musim semi, ini juga salah satu penghasilanmu di Year 1
  11. Pergilah ke dig site dan menambanglah disana (dapatkan tablet C untuk diberikan ke Carter). Menambang juga salah satau penghasilanmu
  12. Panen setiap bunga yang tumbuh di sekitarmu untuk diberikan kepada orang yang ingin kamu nikahi
  13. Belilah Kolam (Suapaya kamu mendapatkan bebek)
  14. Dapatkan hewan peliharaan baru seperti Kuda dan Raccoon (tetapi di akhir tahun kalau anda berteman dengan Cody maka ia akan memberimu kura-kura)
Itu adalah hal-hal yang kalian perlu lakukan di Year 1, Year 1 adalah tempat penanaman modal yang hasilnya bisa kamu petik di year-year berikutnya. Tenang saja, dengan menjual hasil pancinganmu, Semangka, dan hasil tambang atau mungkin susu Grade S, kamu akan mendapatkan banyak uang. Tetapi kalau misalnya kalian tidak begitu kaya, tenang saja. Di Year bberikutnya dijamin karakter anda bakal KAYA SEKALI.

TIPS 1:
  1. Jangan Menanam Pohon anda setelah anda menanam tumbuhan tak berpohon. Karena tumbuhan yang anda tanam akan mati
  2. Jangan Menanam pohon saling berhimpitan, berilah jarak satu petak dari satu pohon ke pohon yang lainnya (pohon anda bisa mati jika saling berhimpitan)
  3. Jangan menanam pohon berhimpitan dengan tumbuhan lainnya yang tidak berpohon. (Tumbuhan tak berpohonmu akan mati)
  4. Anda tidak usah menyirami pohon anda ketika pohonnya sudah besar (Sudah tidak dapat tumbuh lagi karena sudah mentok)
  • Year 2
Melalui hasil panen, dan pertemanan yang sudah anda lakukan di Year 1 akan membuat kehidupan anda di Year 2 menjadi lebih mudah.

Yang Harus Kalian lakukan di Year 2 adalah:
  1. Tanamlah tumbuhan apapun yang kamu mau, terserah kalian. (yang penting jangan sampai penuh, sisakan 1 lahan atau 2-3 baris petak jika kamu menanam pohon)
  2. Dapatkan Tartan dan bertemanlah dengannya
  3. Perah susu sapi dan kambingmu (Saya harap di tahun ini anda sudah bisa mendaptakn susu sapi Grade S)
  4. Jual sebagian susu sapimu dan sebagiannya lagi diberikan kepada orang lain
  5. Dapatkan Kucing dari Romana
  6. Dapatkan Strange Sickle dari Cody
  7. Dapatkan Weird Sickle dari Dr. Hardy
  8. Dapatkan record dari Sebastian, Carter, Griffin, Patrick atau Cassey, dan Muku muku (di musim salju)
  9. Di tahun ini tempat anda menentukan akan jadi apakah anakmu.
  10. Di musim panas, jangan jual pisang-pisangmu. masukkan ia ke dalam Seed Maker. Tunggu 2 hari ambil dan masukkan lagi. Dan jual bijinya kepada Van.
  11. Dapatkan tablet D di digsite
  12. Belilah mainan anakmu dari Van.
  13. Dapatkan Wool Clippers dan Gold medal dari Wally
  14. belilah Food Processing Room
  15. Hybridize Strawberry + Turnip sebanyak 21 kali akan menghasilkan 20 Dhibe seed dan 1 Strawberry Seed. Tanam Dhibe Seed itu di musim gugur.
  16. Memasaklah salad dengan bahan turnip saja sebanyak 29 kali (Light Pickles). Dan masaklah dengan apa saja (jangan turnip dan strawberry-mu) sebanyak 3-5 kali. Harus berhasil, ini untuk membuka Dessert, Entree, dan Main dish
  17. Panen buah Dhibemu dan memasaklah Dhibe Cake dengan bahan Dhibe +milk +egg sebanyak 10 kali. 10 lainnya masukkan ke seed maker untuk ditanam di tahun berikutnya. dan 10nya bisa kamu jual ke Van, harga Dhibe Cake 2040/potong.
  18. Anda harus tetap memancing. jika dapat selain Big dan Huge mending simpan saja untuk diberikan ke Mukumuku.
TIPS 2:
  1. Ketika kamu meng-hybrid hasil panen anda, pertama kali memang gagal. Jangan mengganti urutan hybrid anda (seperti yang saya contohkan Dhibe seed = Strawberry + Turnip. Ingat strawberry harus pertama). Jika yang 1 gagal, lakukan lagi dan hubrid akan berhasil
  • Year 3 dan untuk Year seterusnya
Bagaimana, berapa sisa uang kalian di Year 2??? Pasti ada sekitar 20000g-an bukan? Di Year 3 ini anda akan mendapatkan uang sekitar 100000g atau lebih.

Yang Harus anda lakukan di Year 3 dan seterusnya adalah:
  1. Di tahun ini, anda sudah tak perlu lagi mati2an memberi barang untuk orang lain untuk diajak berteman, katrena ditahun ini adalah tahunmu, tahun dimana kamu bisa fokus terhadap pertanianmu. Belilah 20 biji semangka, dan tanamlah itu. Jika sudah berbuah, terserah anda mau melakukan apa. tapi saya sarankan masukkan semangka tersebut ke seed maker.
  2. Dapatkan necklace dari flora untuk diberikan ke anakmu
  3. Dapatkan shhet of music dari Romana untuk diberikan kepada anakmu
  4. Jangan lupa panen pisangmu dan masukkan ke seed maker
  5. Perahlah susu sapimu dan masukkan ke cheese/butter maker untuk menghasilkan harga yang lebih baik. (Di tahun ini, susu anda minimal sudah Grade S). Lakukan hal ini 2x sehari. Jadi dalam sehari anda bisa mendapatkan 4 Good Butter seharga 300 g/360 g
  6. Tanamlah 20 dhibe seedmu di musim gugur, jika sudah berbuah, ambil 10 dan memasaklah Dhibe Cake menggunakan buah tersebut. 10 lainnya, masukkan lagi ke seed maker.
  7. Belilah Milking room jika uangmu sudah cukup
  8. Dapatkan tablet E di year 3, Tablet F di year 4, dan tablet G di Year 5
  9. Dapatkan Cihuahua di year 6
  10. Di year 3, adalah tempat dimana kamu mengasah skill anakmu
  11. Jualah Dhibe Cake-mu ke Van
  12. Memancinglah, dan dapatkan Huge Yamame atau Huge Sharshark
  13. Lakukan hal-hal yang dapat menghasilkan uang yang sama seperti yang kamu lakukan di Year 1 dan Year 2
  14. Enjoy your Life... Dan nikmati masa tuamu :)

13.Informasi tentang Ikan
Saya akan memberitahu anda harga ikan yang mungkin akan menghasilkan banyak gold bila kita jual ikan tersebut. Bagi ikan yang harganya murah, mungkin tidak saya cantumkan. Jadi mohon maaf...
  • Huge
Huge Sharshark : 2500 g / 3000 g
Huge Yamame   : 2000 g / 2400 g
Huge Arna         : 1500 g / 1800 g
Huge Rainbob    : 500 g / 600 g
Huge Huchep     : 200 g / 240 g
Huge Colombo   : 100 g
  • Big
Big Sharshark : 1200 g / 1440 g
Big Yamame   : 1000 g / 1200 g
Big Arna         : 800 g / 960 g
Big Rainbob    : 150 g / 180 g
Big Huchep     : 170 g / 204 g
Big Nyamame : 130 g / 156 g
  •  Biasa (Tidak ada embel-embel Huge, Big atau Tiny)
Sharshark : 600 g / 720 g
Yamame   : 500 g / 600 g
Arna         : 400 g / 480 g
Rainbob    : 80 g

TIPS:
  1. Untuk mendapatkan ikan jenis Sharshark, Yamame, dan Arna dibutuhkan waktu yang lama sekitar 1 jam di harvest moon. Dan gelombang airnya bergelombang lebih dari 6 kali dengan tempo yang lambat. Dan akan beriak 30 - 40 kali riak air
  2. Jualah ikanmu ke Van, jika dia menawarkan harga awal, bilang "No". Maka ia akan menaikkan harga jualmu. Jika belum, lakukan berulang ulang sampai dia menaikkan harganya

Tidak ada komentar: